Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H, Pemkab Bondowoso Gelar ‘Arebbe’

3 September 2019


Bertempat di alun-alun Raden Bagus Asra (RBA) Ki Ronggo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah, Sabtu (31/8/2019), dengan menggelar acara Arebbe.
Arebbe sendiri merupakan tradisi masyarakat di Kabupaten yang dikenal sebagai daerah penghasil kopi ini, setiap menyambut tahun baru Islam dengan membuat bubur yang biasa disebut ‘Tajin Sora’ atau Bubur Suro dan membagikannya kepada tetangga.
Sebelum acara Arebbe dimulai, Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin dan Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan rombongan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti prosesi kirab ‘Tajin Sora’ dengan berjalan dari pendopo ke alun-alun RBA Ki Ronggo.
“Mari kita songsong tahun baru islam ini dengan penuh semangat dan gairah. Dan penuh keseriusan. Kita bertekad ke depan, meningkatkan ibadah dan kinerja kita untuk menciptakan Bondowoso Mandiri Ekonomi, Lestari, Sejahtera, Adil dan Terdepan (Melesat),” tutur Bupati Salwa Arifin saat memberikan sambutan.
Lebih lanjut Bupati kelahiran Bondowoso ini menyampaikan, agar di tutup tahun 1440 H ini menjadi momentum dalam evaluasi diri. Serta, menjadikan tahun baru 1441 H sebagai lembaran baru memperbaiki diri kearah yang lebih baik lagi.
“Jadikan kesalahan tahun kemarin sebagai introspeksi diri untuk memperbaiki diri di tahun baru ini. Semoga kekhilafan yang pernah diperbuat mendapat ampunan dari Allah SWT,” ucap Bupati Salwa.
Sementara, Wabup Irwan menyampaikan, agenda tahunan Pemkab Bondowoso setiap melepas dan menyambut tahun baru Islam ini dengan digelarnya acara Arebbe ini merupakan salah satu upaya dalam melestarikan budaya atau tradisi.
“Tradisi ini mulai punah. Kita perlu untuk menggalakkan kembali, ini upaya melestarikan budaya yang sudah sejak dulu ada,” pungkasnya.(kominfo)