Kontes Ternak 2019, Ini Pesan Bupati Bondowoso

10 September 2019


Dinas Pertanian dan Peternakan (Diperta) Kabupaten Bondowoso kembali menggelar Kontes Ternak 2019.
Agenda tahunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso ini dalam rangka mendukung program pemerintah dalam meningkatkan pangan berbasis protein hewani.
“Kontes ternak ini digelar dalam rangka mengembangkan sub sektor peternakan, juga menggugah minat masyarakat serta memotivasi peternak dalam memproduksi ternak bibit yang berkualitas. Selain itu, juga untuk meningkatkan ekonomi dan Sumber Daya Manusia (SDM),” jelas Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin saat memberikan sambutan di kontes ternak 2019 di alun-alun Kecamatan Tamanan, Kamis (5/9/2019).
Pada kesempatan kontes ternak itu, Bupati Salwa juga menjelaskan, bahwa sub sektor peternakan memiliki peran penting dalam pembangunan daerah maupun nasional. Menurutnya, dari sub sektor tersebut bisa dihasilkan tiga produk, diantaranya, daging, susu serta kotoran.
“Kotoran disini bisa menjadi pupuk. Tentunya mendukung program Bondowoso organik,” ucap Bupati kelahiran Bondowoso ini.
Tak lupa pula, pada kesempatan itu, Bupati Salwa berpesan kepada para peternak agar selalu semangat dalam beternak serta selalu menambah pengetahuan tentang budidaya ternak yang lebih baik.
“Sehingga, bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peternak,” ungkapnya.
Untuk menjaga sumber bibit yang berpotensi menghasilkan serta meningkatkan populasi ternak, Bupati Salwa menghimbau, agar peternak tidak memotong ternak betina yang masih produktif.
“Kepada petugas peternakan, baik petigas Inseminasi Buatan (IB), Medik Veteriner serta paramedik veteriner, selalu berikan pelayanan terbaik kepada para peternak. Ingatkan mereka untuk tidak memotong dan menjual ternak betina,” pungkas Bupati yang juga seorang Kyai ini.(kominfo)