Jazz De Ijen Digelar, Sekda Bondowoso : Multiplier Effect Akan Dirasakan Masyarakat Sempol

28 September 2019


Agenda Tahunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora), Jazz de Ijen untuk keenam kalinya kembali digelar di halaman Homestay Arabika, Kecamatan Ijen, Sabtu (28/9/2019).
Gelaran yang mengangkat tema ‘Romantic Night’ tersebut digadang-gadang bisa memberikan multiplier effect, terutama kepada perekonomian masyarakat setempat. Selain itu, agenda tahunan yang merupakan serangkaian Festival Muharram (Fesmuh) adalah salah satu upaya Dinas Parpora Kabupaten Bondowoso meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah penghasil kopi ini.
“Bisa menjadi pendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat di Kecamatan Sempol pada khususnya. Kita bisa lihat, banyak wisatawan yang menginap di Sempol untuk menyaksikan pagelaran dengan guest star Marcell Siahaan ini, apalagi gratis atau no ticket. Tentunya, perputaran uang akan banyak terjadi disini,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bondowoso, Syaifullah saat melakukan Press Conference.
Sementara, Kepala Dinas Parpora Kabupaten Bondowoso, Harry Patriantono menyatakan bahwa, Jazz de Ijen merupakan penguatan eksistensi branding daerah paling timur di Kabupaten Bondowoso.
“Terlebih, Ijen merupakan kawasan pariwisata yang sangat strategis untuk dilakukan pembangunan sesuai RPJMD pemerintahan saat ini,” jelasnya.
Dirinya juga mengklaim, dengan digelarnya Jazz de Ijen tersebut, pertumbuhan perekonomian masyarakat di Kecamatan Sempol akan meningkat.
“Banyak yang booking hotel. Bahkan, rumah warga juga dijadikan tempat penginapan, bagi wisatawan yang tidak kebagian kamar hotel. Disini, pedagang juga untung besar karena transaksi jual beli yang dilakukan pengunjung,” pungkasnya.(kominfo)