Bupati Bondowoso Cek Kesiapan Pengamanan Pilkades Serentak 2021

22 October 2021


Sebanyak 1.860 Personel Polres Bondowoso siap mengamankan jalannya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar pada 15 Nevember tahun ini.
Personel yang telah disiapkan untuk mengamankan Pilkades serentak tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam rangka mengantisipasi terjadinya hal - hal yang tidak diinginkan pada saat pelaksanaan hingga pada saat pelantikan Kades terpilih.
Hal tersebut dikatakan oleh Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin usai memimpin apel siaga pengamanan pilkades serentak di halaman Polres setempat, Jumat (21/10/2021).
"Setelah saya cek barusan rupanya sudah siap 100 persen, baik dari personel maupun kendaraan yang akan digunakan untuk menjaga keamanan dan ketertiban saat pelaksanaan Pilkades," ungkapnya.
Dikatakan bupati, dari pihak pemerintah, untuk memberikan dukungan terlaksananya pengamanan tersebut, pihaknya akan  memerintahkan personel tersendiri dan tentunya tetap bersinergi dengan personil dari aparat kepolisian, sehingga harapan pemerintah ataupun masyarakat dalam pemilihan Pilkades serentak bisa terwujud.
"Ya nanti dari pihak kita pemerintah, akan kita luncurkan setelah Harihanya, kalau sekarang hanya dari kepolisian saja," tuturnya.
Kepada pihak Aparat kepolisian, dirinya sebagai Pemimpin Daerah menghimbau agar memberikan kontribusi penuh terhadap penyelenggaraan Pilkades serentak ini, agar nanti bisa mengantisipasi tindakan - tindakan anarkis dari masa yang mungkin sengaja mengompori dan menjadikan situasi kondusif menjadi tidak kondusif.
Selain itu, bupati menjelaskan tentang kesadaran masyarakat ataupun aparat keamanan agar tetap menjaga dan mematuhi Peraturan Kesehatan (Prokes) Covid - 19.
Bahkan, kepada seluruh Calon Kepala Desa yang telah lolos maupun tidak lolos dalam test, dirinya menghimbau agar selalu Legowo apapun hasilnya nanti.
"Kepada calon Kades dan utamanya kepada Tim pemenangan sudah kita tekankan harus siap dan harus siap kalah," tegasnya.
Ditempat yang sama, Kapolres Bondowoso, AKBP Herman SIK mengatakan, penempatan personel untuk pengamanan pelaksanaan Pilkades telah dipetakan dan disesuaikan dengan tingkat kerawanan didaerah masing - masing desa.
"Penempatan personel tentu nanti disesuaikan dengan tingkat kerawanan, artinya semakin berpotensi tingkat kerawanannya, akan semakin ditingkatkan juga jumlah personelnya, nanti sistemya Rayonisasi," paparnya.
Dengan pemetaan yang telah dilakukan, Herman berharap kepada seluruh petugas yang dilibatkan benar - benar bisa membantu dan mendukung berjalannya Pilkades serentak, kendati demikian, Pihak Polres tetap mengingatkan kepada seluruh aparat kepolisian yang bertugas agar tetap menjaga Protokol kesehatan Covid - 19, agar supaya nanti tidak bermunculan kluster-kluster baru pasca Pemilihan Kepala Desa serentak.
"Kita tekankan kepada Aparat yang bertugas agar tetap menjaga Protkes Covid - 19 dan keamanan dalam pelaksanaan Pilkades, tentu dengan melibatkan masyarakat kita harapkan harus tetap mematuhi aturan yang telah ditentukan oleh pemerintah," tutupnya.