Peringati Maulid Nabi Muhammad, Bupati Salwa Minta ASN Teladani Sifat Nabi

23 October 2021


Dalam Rangka memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad Saw yang jatuh pada 12 Robiul awal atau yang dikenal dengan tahun gajah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso mengajak seluruh masyarakat yang beragama Islam agar Meneledani sifat - sifat yang ada pada Nabi Muhammad.
Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw, di pendopo bupati, Jumat (22/10/2021).
Menurut Bupati, Momentum tersebut diharapkan dapat menjadikan Suritauladan bagi seluruh ummat manusia untuk diteladani dalam kehidupan sehari-hari.
"Pada Momentum Hari Maulid Nabi tahun ini, mari kita teladani sifat - sifat keteladanan Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari baik dalam bermasyarakat maupun bernegara," ungkapnya.
Dikatakan bupati, Sifat - sifat nabi yang hendaknya menjadi contoh teladan bagi ummat Islam, khususnya bagi kalangan Abdi masyarakat dan negara adalah 4 sifat, diantaranya Sifat Siddiq, Amanah, Tabligh dan Fatonah dimana diantara sifat - sifat tersebut mengandung makna dan pengertian serta ajaran kepada kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) agar Meneledani sifat nabi.
"Kepada seluruh ASN agar bersifat jujur dalam bersikap dan bertindak tanpa ada kebohongan. Amanah artinya bisa dipercaya seperti jika ada urusan atau titipan yang dipercayakan kepada seseorang maka harus dilaksanakan sebaik-baiknya, Tabligh disini mengandung arti menyampaikan, dimana setiap seseorang dititipi Amanah, maka kita harus menyampaikannya kepada yang berhak menerima, dan yang ke 4 Fatonah, yang artinya Cerdas atau pandai," paparnya.
Dari ke 4 Sifat Nabu Muhammad tersebut jika diteladani secara sungguh - sungguh oleh Aparatur Sipil Negara dikalangan pemerintah Bondowoso, maka untuk mewujudkan visi dan misi Bondowoso maju dalam bingkai iman dan taqwa bukan angan - angan saja.
Karena, tambah Bupati, untuk mewujudkan Bondowoso Melesat bukan hanya dapat diwujudkan dari beberapa orang saja, namun dari keseluruhan komponen pemerintah daerah.
"Di bulan Rabiul awal ini mari kita manfaatkan dengan melakukan segala kebaikan sebagai bukti rasa syukur kita, selain itu jadikanlah Rasullullah sebagai Suritauladan dalam menjalani hidup," tutupnya.