Vicon Arahan Presiden R.I (TENTANG BAHAYA KELONJAKAN VIRUS CORONA DI DUNIA)

25 October 2021


Vicon arahan presiden R.I (tentang bahaya kelonjakan virus corona di dunia.)Mengingatkan para kepala daerah untuk lebih waspada terhadap virus varian baru. Lebih menggutamakan prokes dan mengawasi vaksinasi. Dan pengoptimalan platform peduli lindungi di berbagai sarana hiburan, perbelanjaan dan wisata.
Kesimpulan dan Rekomendasi Kebijakan
Situasi Covid-19 masih menunjukkan tanda-tanda yang terkendali. Namun seiring dengan penurunan level di banyak kab/kota, peningkatan aktivitas dan mobilitas masyarakat harus tetap dijaga salah satunya dengan memperluas dan mendisiplinkan penggunaan Peduli Lindungi. 
Saya minta laporan dari Mendag, Menparekraf, Menkes, dan Para Gubernur terkait dengan penggunaan dan penegakan Peduli Lindungi. Perlu adanya pengawasan dan enforcement yang lebih kuat terhadap Peduli Lindungi di berbagai sektor terutama seiring disiplin masyarakat yang semakin berkurang terhadap pandemi COVID-19. 
Khusus untuk BALI & JATIM, Saya minta laporan dari Menparekraf, Menlu, Menkumham, Menhub, Menkes, dan Gubernur Bali terkait dengan pembukaan wisatawan mancanegara di Bali yang sudah berjalan sejak 14 Oktober 2021 lalu dan 
Peningkatan mobilitas yang semakin meningkat hingga puncaknya nanti di masa libur Nataru. Saya minta Panglima TNI, Kapolri, Menhub, dan Para Gubernur untuk mempersiapkan skenario pengaturan mobilitas dari sekarang. Untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus dan kematian, penguatan 3T, perluasan penggunaan Peduli Lindungi, dan percepatan vaksinasi lansia harus terus dilakukan.
Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi masih terdapat kendala : 
a. Perlu penambahan fitur pada aplikasi PeduliLindungi berupa penggunaan lebih dari satu akun (grup)
b. Jaringan internet pada beberapa tempat tidak support 
c. Aplikasi suka error pada jam-jam tertentu (internal server error) 
d. Data riwayat vaksin pengunjung belum tersinkronisasi aplikasi PeduliLindungi 
e. Perlu adanya fitur untuk scan barcode PeduliLindungi pengunjung oleh pengelola (seperti scan e-hac) Kurangnya sosialisasi aplikasi PeduliLindungi  yang harus di perbaiki,
Masih banyak ditemukan pengunjung yang belum mengetahui kewajiban penggunaan aplikasi PeduliLindungi Pengunjung tidak bisa masuk karena membawa anak dibawah 12 tahun dan belum vaksin  Kurangnya kesadaran mengenai protokol kesehatan Pada beberapa taman rekreasi terjadi kerumunan di pintu masuk karena pengunjung belum melakukan install aplikasi PeduliLindungi,
Ketersediaan tempat tidur, obat, dan oksigen cukup di Jawa Bali. Namun, tracing dan testing pada kontak erat/ suspek perlu lebih ditingkatkan. 
Laju suntikan harian sudah mencapai 2,2 juta per hari dan perlu terus ditingkatkan di semua kab/kota. Di samping itu, vaksinasi lansia perlu terus ditingkatkan untuk memberikan perlindungan bagi kelompok rentan. 
Maka itu, Pemerintah Daerah diharapkan dapat menerima berbagai jenis platform vaksin untuk percepatan vaksinasi. Semua platform vaksin yang ada di Indonesia aman dan sudah mendapat EUL dari WHO.