Tujuh Kali Berturut-turut Pemkab Bondowoso Raih Penghargaan Opini WTP

29 October 2021


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso kembali meraih  penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Di Hotel Kokoon,  Banyuwangi Jum'at (29/10/2021).
Penghargaan dari Gubernur tersebut merupakan bentuk kepedulian atau apresiasi Pemerintah Pusat kepada Daerah atas kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat atas laporan penyusunan laporan keuangan daerah Tahun Anggaran 2020.
Kegiatan penyerahan sertifikat dan plakat anugerah penghargaan Pemerintah Provinsi diberikan kepada Pemerintah Daerah yang dapat mempertahankan capaian WTP berturut turut tanpa terputus sejak Tahun 2006 dengan kategori capaian 10 Tahun dan 5 Tahun.
Kabupaten Bondowoso sendiri telah meraih Opini WTP 7 kali berturut-turut tanpa terputus.
Rasa syukur atas penghargaan yang diberikan kepada pemerintah kabupaten bondowoso disampaikan oleh Bupati KH. Salwa Arifin usai menerima penghargaan.
"Terima kasih kepada seluruh OPD di Kabupaten Bondowoso atas konsistensi dalam pengelolaan keuangan APBD dan Saya berharap agar capaian ini dipertahankan demi kemajuan tata kelola keuangan di Kabupaten Bondowoso," ungkapnya.
Untuk diketahui, Opini WTP adalah salah satu opini audit dari Badan Pemeriksa Keuangan yang akan diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material. Artinya, bukti-bukti audit yang dikumpulkan dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi dengan baik.
"Ini merupakan kerja keras dari seluruh OPD, yang telah membuktikan kinerjanya kepada Pemerintah Daerah sehingga mendapatkan penghargaan Opini WTP ke 7," ringkasnya.
Hadir dalam acara penghargaan,  Gubernur Jawa Timur, Wakil Gubernur Jawa Timur, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur,  Bupati/Walikota se-Jawa Timur penerima penghargaan dan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.