Buka Pelatihan DEA, Ini Harapan Bupati Salwa

13 November 2021


Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin membuka secara resmi Pelatihan Digital Entrepreneuship Academi (DEA) yang diikuti oleh 130 Pelaku UMKM, di SMK 1 bondowoso, Sabtu (13/11/2021). 
Pelatihan yang diselenggarakan oleh BPSDMP Kominfo Surabaya dan bekerjasama dengan pemerintah setempat, bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat agar unggul di dalam menghadapi era Industri 4.0 sehingga selaras dengan visi misi Bupati dan Wakil bupati yakni Melesat. 
Menurut Bupati, perkembangan tekhnologi saat ini telah menjadi candu bagi insan manusia sehingga tekhnologi bisa menjadikan manusia berkembang atau jalan di tempat. 
Dalam kesempatan tersebut, bupati menyarankan agar masyarakat bisa benar - benar pintar memerankan SDM mereka ditengah pesatnya tekhnologi. 
"Ketika kita era industri 4.0 pastinya terbayang dengan dunia yang serba modern dan penuh kemajuan tekhnologi dalam segala aspek kehidupan manusia khususnya di bidang Entrepreneur, karena hal tersebut tidak dapat dibendung lagi, sebagai pelaku usaha pilihannya ada dua, siap menghadapi atau tergilas oleh zaman," ungkapnya dihadapan ratusan peserta. 
Untuk menghadapi dan hal tersebut, maka pemerintah hadir agar masyarakat paham dan melek teknologi dan terus berinovasi, sejatinya saat ini telah banyak untuk memanfaatkan canggihnya tekhnologi, contoh disekitar salah satunya adalah Inovasi GOJEK, dimana pada saat transformasi tekhnologi belum betul - betul berkembang. 
"Kita bayangkan, dahulu orang harus berdiri dipinggir jalan untuk mendapatkan transportasi yang mereka butuhkan, saat ini Gojek justru hadir dengan mentransformasikan layanannya berupa aplikasi pemesanan hanya dengan satu sentuhan," ujarnya. 
Dari contoh Gojek, kata bupati, bahwa inovasi dan kreatifitas adalah kunci utama didalam dunia usaha menghadapi revolusi Industri 4.0.
Dimana inovasi dan kreatifitas saat ini menuntut siapa pun untuk menang dalam kompetisi di era tekhnologi seperti pada saat ini. 
"Kompetisi ini telah berubah, jika dulu yang menang adalah yang lebih efisien dan produktif, namun sekarang dengan perubahan tekhnologi dan generasi untuk menang dibutuhkan inovasi, Kreatifitas dan Entrepreneur, " tegasnya. 
Sebagai pemimpin daerah, Bupati berharap dengan adanya pelatihan itu, peserta dapat menyimpulkan dan betul - betul memanfaatkan teknologi dan kreatifitas agar bisa tercetak entrepreneur - entrepreneur yang handal dan bisa membantu pemerintah untuk menjadikan bondowoso sebuah kabupaten yang peka dan cekatan dalam era tekhnologi 4.0.
"Saya berharap kepada seluruh peserta pelatihan agar dengan sungguh - sungguh mengikuti dan menyerap ilmu yang akan disampaikan rekan - rekan dari BPSDMP Surabaya, selain itu kami selaku pemerintah hasil dari pelatihan ini bisa terlahir entrepreneur - entrepreneur yang unggul dari bondowoso dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional," pungkasnya. 
Capt: Bupati Salwa Arifin saat membuka Pelatihan DEA