Pilkades Serentak 2021 Kabupaten Bondowoso Mendapat Apresiasi Dari Kemendes

15 November 2021


Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin secara langsung meninjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang digelar oleh 171 Desa di wilayah kabupaten bondowoso, Senin (15/11/2021).
Bupati bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat menghimbau kepada seluruh panitia Pilkades agar tetap menjaga kondusifitas antara calon dan pemilih.
"Saya harapkan dan menghimbau kepada seluruh petugas ataupun panitia agar memberikan edukasi kepada masyarakat agar supaya mentaati peraturan pemerintah agar pelaksanaan Pilkades serentak ini berjalan lancar," ungkapnya.
Bupati juga menekankan kepada seluruh masyarakat agar tetap mematuhi Protokol kesehatan (Protkes) Covid - 19, supaya tidak muncul Cluster baru akibat pelaksanaan Pilkades serentak.
"Masyarakat juga kami himbau agar tetap memakai masker dan mencuci tangan sebelum memberikan hak pilihnya di setiap TPS,"tegasnya.
Selain itu, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang dilaksanakan tersebut bukan ajang perlombaan, akan tetapi merupakan sebuah proses pembangunan demokrasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah kabupaten bondowoso.
"Pilkades ini merupakan pesta demokrasi bukan pertempuran jadi masyarakat tidak boleh saling bermusuhan, siapapun yang menang atau kalah nantinya harus legowo dan menerima dengan lapang dada," pungkasnya.
Sementara menurut Pj Sekretaris Daerah (Sekda) setempat, Soekaryo menerangkan jika pemilihan Pilkades serentak di bondowoso menjadi percontohan dan mendapat apresiasi dari Kementerian Desa (Kemendes), sehingga pelaksanaan Pilkades seperti saat ini harus tetap di kembangkan pada setiap momen pemilihan.
"Pemilihan Pilkades serentak ini mendapat apresiasi dari Kemendes jika pelaksanaannya bagus, baik secara penerapan serta tingkat kepatuhan masyarakat terhadap Protokol kesehatan Covid -19 bagus dan tingkat pelaksanaan Pilkades sudah bagus," pungkasnya.