Pemkab Bondowoso Berikan Penghargaan Kepada Sekolah Pemenang Lomba Ijen Geopark Corner Competition

11 December 2021


Bondowoso - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso memberikan apresiasi kepada Lembaga pendidikan dari tingkat Paud hingga SMA yang telah memberikan kontribusi dan Partisipasi dalam rangka mendukung Ijen Geopark.
Apresiasi dari pemerintah tersebut tertuang dalam penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Ijen Geopark Corner Competition di Aula Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Diaparpora) Jum'at (10/12/2021).
Dari 63 peserta Lembaga pendidikan yang telah mengikuti lomba Ijen Geopark Corner Competition, hadiah tersebut diberikan kepada 16 Peserta, dimana masing-masing peserta diambil 5 terbaik yang telah lolos atau memenangkan lomba dari tingkat Paud hingga SMA/SMK sederajat.
Penyerahan hadiah secara langsung diberikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Irwan Bachtiar Rahmat didampingi oleh Kepala Dinas setempat.
Menurut Wabup Irwan, Pihak Disparpora harus lebih merumuskan seni budaya yang ada di kabupaten Bondowoso kepada dunia pendidikan diseluruh wilayah kabupaten setempat, sehingga lembaga pendidikan bisa mengeksplor seni budaya yang ada disetiap kecamatan masing-masing.
"Namanya ini Joerney Ijen Geopark jadi harus lebih spesifik dan nantinya Dinas Pariwisata bisa merumuskan berkaitan dengan seni budaya di masing-masing daerah yang menjadi kawasan Ijen Geopark utamanya budaya non benda," ungkapnya.
Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata, Mulyadi mengatakan pihaknya telah melakukan pengenalan mengenai Ijen Geopark kepada Lembaga pendidikan dengan cara menggelar Lomba Joerney Ijen Geopark.
"Ini sangat berpengaruh terhadap Ijen Geopark, wajib hukumnya bagi sekolah untuk mengenalkan Ijen Geopark kepada anak didik, Eksplorasi seni budaya sejatinya harus terus dilakukan" katanya.
Menurutnya, Lomba tersebut merupakan upaya Dinas Pariwisata untuk mengenalkan Ijen Geopark terhadap lembaga pendidikan agar anak didik bisa memahami apa yang dinamakan Ijen Geopark nantinya.
"Hal ini sangat berpengaruh terhadap penilaian Ijen Geopark karena ini adalah bagiannya," tuturnya.
Seperti diketahui, Ijen Geopark Kabupaten Bondowoso telah diajukan agar bisa masuk UNESCO Global Geopark (UGG) yang nantinya penilaian terhadap Ijen Geopark akak dilaksanakan pada Tahun 2022 nanti.