Bupati Bondowoso Salurkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Bencana Di Kecamatan Tamanan

10 December 2021


Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial (Dinsos) meninjau dan menyerahkan bantuan kepada korban bencana Puting beliung di Desa Wonosuko dan dua desa di Kecamatan Tamanan, Jum'at (10/12/2021).
Kejadian bencana yang memporak-porandakan 76 rumah milik warga tersebut terjadi pada Rabu Sore kemarin, dengan tanggap tim tanggap bencana langsung meluncur ke tempat kejadian untuk mengantisipasi.
Mayoritas rumah yang terdampak angin kencang dan pohon tumbang mengalami kerusakan pada bagian atap, sebagian lagi mengalami kerusakan cukup parah karena tertimpa pohon berukuran cukup besar.
Bupati  Salwa mengatakan pihaknya membantu para korban tersebut sesuai dengan kerusakan yang dialami masing-masing. 
"Kita utamakan yang kerusakannya mendesak dulu yang sebagian besar kerusakan di bagian atap dan teras, jadi kita bantu kebutuhan yang mendesak itu yang kita dahulukan," paparnya.
Untuk material yang diberikan olehnya adalah berupa bahan baku dari kerusakan. Seperti bahan bangunan dan atap asbes untuk teras rumah.
"Karena itu yang paling rentan rusak ketika terjadi cuaca buruk seperti angin kencang.Lalu kami juga berikan alat-alat rumah tangga," ujarnya.
Selain memberikan bantuan, bupati mengimbau agar seluruh masyarakat selalu waspada ditengah musim penghujan, dimana sering terjadi cuaca buruk yang sewaktu-waktu bis terjadi.
"Peran serta masyarakat sangat penting mengingat mereka sendiri yang paling terdampak jika terjadi sesuatu, harus saling gotong royong," tandasnya.
Dadan Kurniawan, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso yang terlibat langsung dalam penangan bencana tersebut mendata ada 11 rumah yang mengalami kerusakan sedang akibat peristiwa tersebut.
"Dampak lainnya adalah puluhan pohon tumbang yang juga sempat memutuskan aliran listrik," ucapnya.