Launching Inovasi 'Ngopi Bareng', Wabup Irwan: Permudah Pelayanan Masyarakat

13 December 2021


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso memberikan penganugerahan kepada beberapa OPD dan Instansi pemerintah bagi peraih juara lomba Inovasi Tahun 2021 dan Launching Inovasi Ngobrol Pengembangan Inovasi (Ngopi Bareng).
Penyerahan Penganugerahan lomba Inovasi Daerah diserahkan secara langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Irwan Bachtiar Rahmat, Di Aula Sabha Bina Praja II, Senin (13/12/2021).
Menurut Wabup Irwan,  Pemerintah Kabupaten Bondowoso dalam hal ini,  mendorong kepada semua stakeholder khususnya perangkat daerah dan jajaran dibawahnya untuk tetap membangun dan menumbuhkembangkan inovasi, dengan tujuan  menyelesaikan berbagai persoalan penyelenggaraan pemerintahan melalui inovasi yang dibangun sekaligus mampu meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat.
"Penganugerahan penghargaan lomba inovasi daerah ini merupakan salah satu apresiasi yang kami berikan kepada inovator inovator daerah,"  katanya.
Pemerintah, kata Wabup, Pemerintah sangat menyambut baik atas  terlaksananya kegiatan Lomba Inovasi Daerah, sebab dengan acara tersebut, bisa diharapkan  dapat menumbuhkan inovator inovator baru yang kreatif dan mampu memecahkan persoalan yang ada di masyarakat, serta bermanfaat memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa terdapat inovasi di daerah yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
Dirinya berharap, kepada para kepala perangkat daerah agar selalu memacu dan memotivasi jajarannya untuk membangun inovasi yang dapat berkenaan dengan kepentingan masyarakat luas dan mempermudah birokrasi dan bersama-sama menjawab tantangan dan persoalan yang dihadapi di lingkungan Kabupaten Bondowoso.
"Ngobrol pengembangan inovasi (Ngopi Bareng) yaitu acara dengan para inovator berprestasi pada level Kabupaten provinsi maupun nasional sebagaimana kita ketahui bersama bahwa informasi adalah jendela dunia informasi bisa bermakna apabila informasi ini dapat diketahui dan dirasakan oleh masyarakat," ujarnya.
Makka dari itu, tambah Wabup, perlu institusi yang membuka jembatan informasi, khususnya terkait dengan inovasi daerah selain itu saat ini Perkembangan informasi teknologi dan social media sangat memungkinkan informasi dapat cepat tersampaikan kepada Jangkauan yang sangat luas,  tanpa ada sekat di dalamnya.
"Hal itulah yang telah mendorong memotivasi dan menginspirasi Pemerintah Kabupaten Bondowoso untuk mengadakan Lomba Inovasi Daerah dan informasi yang bermanfaat untuk kita semua acara ini dirancang sedemikian rupa dengan model kekinian ringan dan mudah dicerna dengan memanfaatkan sosial media," tegasnya.
Sementara menurut Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda), Farida menjelaskan inovasi tersebut harus kreatif inovatif dan mudah diaplikasikan.
"Tentunya akan membantu pemerintah daerah untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi jadi inovasi itu akan direplikasi ke semua OPD untuk mempercepat pembangunan di Kabupaten Bondowoso," paparnya.
Selain Penganugrahan Lomba Inovasi Daerah, Kegiatan tersebut  juga memberikan apresiasi kepada  inovator inovator yang sudah masuk, baik itu provinsi maupun Pusat. 
"Untuk inovasi yang 2002 tahun ini ada 20 peserta menjadi 10 peserta  dari 10 itu disaring lagi menjadi 5 peserta 10 peserta itu mereka paparan dan ditarik menjadi 5 peserta terbaik juara 1 2 3  dan harapan 2," tutupnya.