Disdikbud Bondowoso bersama PT. Pegadaian Canangkan Sekolah Emas

15 December 2021


PT. pegadaian Wilayah Cabang Bondowoso Mensosialisasikan Sekolah Emas kali pertama di Dunia Pendidikan kabupaten setempat.
Sosialisasi Sekolah Emas tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat khususnya para pelajar agar bisa belajar berinvestasi dan hemat sebagai jaminan pada masa depan.
Menurut Kepala Pimpinan PT. Pegadaian Bondowoso, Teguh Sujiyanto mengatakan Sekolah Emas merupakan program dari Pegadaian untuk mengedukasi para Anak didik untuk belajar menghemat.
"Kita mengedukasi anak- anak agar berinvestasi supaya menata diri untuk mencapai masa depan dengan menabung Emas," urainya usai mengikuti Sosialisasi Sekolah Emas di Aula Ki Hajar Dewantara, Selasa (14/12/2021).
Dirinya berharap kepada pihak Dinas Pendidikan agar bisa menata anak - anak didik agar terbiasa berhemat dan menyisihkan setiap uang jajan yang diberikan oleh Wali murid untuk ditabung atau dengan kata lain adalah diinvestasikan.
"Ini juga termasuk memberikan pemahaman atau mengedukasi anak agar terbiasa menyisihkan supaya ditabung," ujarnya.
Dirinya juga menyebutkan jika Sekolah Emas ini memiliki keunggulan - keunggulan dan manfaat bagi masyarakat, khususnya Siswa,  Hal terpenting apabila tabungan emas telah mencapai 3,5 gram maka dapat dijaminkan untuk mendaftarkan diri pada produk pembiayaan porsi Haji.
Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sugiono Eksantoso mengatakan pihaknya akan memberikan dukungan agar para siswa bisa mengikuti instruksi Kepala Sekolah masing - masing.
Selain itu, Program aSekolah Emas tersebut telah memberikan kemudahan dengan memberikan kontribusi pembuatan Rekening secara gratis kepada siswa.
Terlepas dari pilihan menabung atau mencicil, kata Sugiono kedua program ini sesuai dengan hukum syariah. Pasalnya, tidak ada bunga yang dibebankan dalam transaksi cicil ataupun menabung Emas. Pada saat melakukan transaksi penjualan emas, nilai as yang dicairkan setara dengan yang dimiliki di buku tabungan.
"Tujuan kita bekerjasama dengan Pegadaian adalah membentuk karakter anak, saya mendorong atas program ini," imbuhnya.