Lantik 171 Kades Terpilih, Bupati Salwa: Maksimal Potensi Di Desa

17 December 2021


Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin melantik dan mengambil sumpah 171 Kepala Desa terpilih dalam kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2021 Pemdodpo Bupati, Kamis (16/12/2021).
Berbeda dengan pelantik - pelantikan sebelumnya, pelantikan kades saat ini digelar di beberapa tempat atau kecamatan lantaran masih masuk dalam masa Pandemi Covid - 19.
Dalam sambutannya, Bupati Salwa meminta kepada Kepala Desa yang telah dilantik agar lebih memaksimalkan potensi - potensi yang ada di desa masing - masing.
"Dengan dilantiknya saudara sebagai pemimpin desa, hendaknya saudara dapat lebih meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas, tingkatkan potensi yang ada di desa," urainya.
Kepala Desa, kata Bupati adalah sebagai ujung tombak pembangunan suatu daerah dimana kepala desa berperan aktif sebagai pemegang kendali pembangunan di desa masing - masing.
Terlebih, imbuh Bupati, Kepala desa harus mempunyai kemampuan lebih sehingga bisa mengakomodasi kepentingan masyarakat.
"Ini tugas berat yang diemban oleh kepala desa, maka dari itu haruslah dibantu oleh segenap komponen masyarakat untuk bersama - sama menyelenggarakan otonomi desa dalam mencapai kesejahteraan masyarakat," paparnya.
Lebih jauh, Bupati menghimbau kepada para kepala desa untuk berhati - hati dalam pengelolaan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) supaya benar - benar terarah, transparan, akuntabel dan partisipatif demi kesejahteraan bersama.
"Pengelolaan pembangunan di desa harus berorientasi pada hasil yang maksimal sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan. Jangan pernah berfikir mencari keuntungan dari setiap pelaksanaan program pembangunan," tutupnya.