Delapan Sekolah Dan Dua Kelurahan Di Bondowoso Terima Penghargaan Adiwiyata 2021

28 December 2021


Delapan Lembaga Pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) diKabupaten Bondowoso menerima penghargaan dari Bupati Salwa Arifin, dua diantaranya mendapat penghargaan dari Provinsi Jawa Timur.
Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Bupati Salwa, Di Peringgitan bupati, Selasa (28/12/2021).
Selain Lembaga Pendidikan, Penghargaan juga diberikan kepada 2 kelurahan yang berjuluk kelurahan Berseri.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) setempat, Aries Agung Sungkowo mengatakan, program Sekolah  Adiwiyata dan Kelurahan Berseri serta Pelestari Fungsi Lingkungan Hidup (PFLH) merupakan program dari pemerintah provinsi untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.
"Program Sekolah Adiwiyata ini merupakan program yang sangat mendukung terhadap kelestarian lingkungan untuk peduli terhadap lingkungan hidup dan kelestarian Sekolah sehat," ungkapnya.
Diakuinya, tahun - tahun sebelumnya memang banyak Lembaga Pendidikan yang menolak untuk mengikuti program Sekolah Adiwiyata lantaran mereka (Lembaga pendidikan-red) enggan untuk berkcimpung dengan ruwetnya tata cara tekhnis pengelolaan lingkungan sekolah Adiwiyata, akan tetapi, untuk tahun 2021, setelah ada lembaga pendidikan yang menerima penghargaan, baru mereka yang dulunya enggan mengikuti program tersebut, terpancing untuk segera bergabung.
"Kebanyakan menolak, namun setelah ada beberapa sekolah mendapat juara di provinsi, Alhamdulillah, mereka yang dulu menolak saat ini berlomba - lomba mendaftar untuk ikut, dan ini juga berkat dukungan Kepala Dinas Pendidikan tentunya," ujarnya.
Ditempat yang sama, Bupati Salwa Arifin menjelaskan, Tahun ini, Kabupaten Bondowoso, meraih beberapa penghargaan, yaitu :
NIRWASITA TANTRA AWARD, merupakan penghargaan yang diberikan dalam kategori Penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan LH Daerah (DIKPLHD).
ADIWIYATA, merupakan penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang berhasil dalam pengelolaan lingkungan hidup. Ada 9 sekolah yang berhasil menjadi Sekolah Adiwiyata, dan 2 diantaranya merupakan Adiwiyata Provinsi Jawa Timur.
Selain itu Pemerintah Kabupaten juga meraih penghargaan Pelestari Fungsi Lingkungan Hidup (PFLH) merupakan penghargaan yang diberikan kepada perseorangan/kelompok yang berhasil dalam melakukan konservasi lingkungan.
"Kali ini yang berhasil adalah Saudara  Edi Yulianto dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, yang berhasil di wilayah Dusun Petung, Desa. Kretek Kecamatan Taman Krocok.
Desa/Kelurahan BERSERI, yang berhasil diraih oleh
Kelurahan Dabasah kategori Madya
Kelurahan Sekarputih kategori Pratama," tukasnya.