Asesmen, Plt Direktorat Jenderal Hukum Dan Ham Tinjau Lapas II B Bondowoso

12 January 2022


Usai melakukan Kunjungan Kerja di Pendopo Bupati, Plt Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual sekaligus Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Lapas Pemasyarakatan Kelas II B wilayah Kabupaten Bondowoso, Rabu (12/1/2022).
Seperti hal nya saat melakukan tinjauan di Kabupaten - Kabupaten lainnya, Dengan gaya asesmen ke setiap sudut bahkan sampai ke dapur, Razilu memberikan pembinaan dan arahan kepada seluruh staf dan warga binaan setempat.
Dilapas bondowoso, dirinya berpesan kepada seluruh jajaran pekerja di bawah naungan Kementerian Hukum dan Ham agar senantiasa menerapkan tiga M, yakni Menyapa, Mengayomi dan Mengajarkan kepada seluruh lapisan masyarakat utamanya kepada warga binaan yang ada di wilayah lapas masing - masing.
Menurutnya, Setiap kali dirinya beserta rombongan mengunjungi Lapas, dirinya akan mengevaluasi setiap tata cara dan pemberlakuan yang diterapkan pada lapas di masing - masing wilayah, sehingga dengan begitu dirinya menilai bisa memberikan dukungan kinerja agar lebih maksimal.
"Yang pertama kita lihat apakah didalam lingkup lapas itu ada bengkel binaan apa tidak, karena harapannya warga binaan ini setelah keluar mereka memiliki keahlian, Alhamdulillah saya lihat tadi ada, seperti biasa saya pasti tinjau dapur tujuannya melihat apakah dapur tersebut sudah efisien apa belum," ujarnya.
Selain meninjau, Razilu juga memberikan arahan kepada warga binaan agar nantinya setelah melewati masa hukumannya bisa lebih memaksimalkan potensi yang telah di tekuni semasa dalam lapas.
Lebih jauh, dirinya menegaskan kepada Kalapas setempat agar lebih berhati-hati dan memaksimalkan potensi kinerja sehingga tidak terjerumus kedalam lembah yang bisa berurusan dengan hukum. Saat ini, Lapas Kelas II B wilayah Kabupaten Bondowoso belum masuk didalam Wilayah Bebas Korupsi (WBK) maka dalam hal tersebut, Razilu menekankan agar tetap senantiasa menerapkan sistem kerja tanpa pungli dalam hal apapun.
"Lapas Bondowoso ini kan belum WBK, maka dari itu kita dorong agar bisa meraih zona Integritas dan bisa masuk didalam WBK," tegasnya.