Alami Banyak Kendala, Pemkab Bondowoso Maksimalkan Percepatan Vaksinasi

27 January 2022


Capaian cakupan Vaksinasi Covid - 19 di Kabupaten Bondowoso saat ini telah mencapai 70, 38 persen per tanggal 25 January 2022, artinya pemberian dosis III atau Booster sudah bisa dilakukan di kabupaten setempat.
Meski mengalami banyak kendala dalam pencapaian vaksinasi, upaya Pemerintah Daerah melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid - 19 akan terus di maksimalkan, salah satunya dengan upaya jemput bola.
Menurut Juru Bicara Satgas Covid setempat, M. Imron mengatakan kendala yang dihadapi saat ini adalah tentang persoalan Nomor Induk Keluarga (NIK) yang ada di bawah dan setelah ditelusuri di Puskesmas ada sekitar 2 ribuan NIK yang belum masuk ke data KPCPEN.
"Sudah kita laporkan untuk direvisi kembali ke KPCPEN,"ungkapnya saat memberikan laporan capaian vaksinasi, Di pendopo Bupati, Rabu (26/1/2022).
Diketahui pada saat pemberian vaksinasi masal pada minggu kemarin akibat doublenya nomor entry pada setiap wilayah masing-masing kecamatan.
"Kan dahulu pada saat percepatan vaksin masal, ada yang ngentri di sini, juga ngentri ditempat lain, jadi itu yang menyebabkan double entri," tuturnya.
Selain itu, permasalahan yang dihadapi oleh Satgas Covid -19 adalah pusat sasaran di bawah, utamanya masyarakat yang masuk dalam kategori lanjut usia (Lansia) yang terkendala karena kesehatannya, maka dari hal tersebut bisa menjadi penyebab tidak bisa divaksin.
"Sehingga dari hal itu teman - teman yang bertugas untuk melakukan vaksinasi kepada sasaran, dan fasilitas jalan yang dipelosok juga menjadi kendala terhadap teman - teman yang bertugas," tutupnya.