Kembangkan Holtikultura, Pemkab Bondowoso Kolaborasi Tanam Pisang Cavendish

29 January 2022


Kementrian Koordinator bidang Perekonomian terus mendorong masyarakat dalam program pengembangan Holtikultura berbasis ekspor pada setiap daerah.
Hal tersebut tertuang dalam penanaman perdana pisang Cavendis di Desa Maskuning Kulon, Sabtu (29/1/2022).
Hadir dalam acara penanaman perdana, Bupati Bondowoso dan beberapa Stakeholder lainnya, seperti menko Perekonomian, Kemenkeu, Kementerian Perindustrian dan Perdagangan, Kemendes, Bank BNI, PT. Great Giant Pineapple, Bea Cukai dan beberapa Stakeholder lainnya.
pada masa Pandemi covid-19 hampir diseluruh sektor terkontraksi utamanya sektor ekonomi. Sebagai salah satu strategi pemulihan pertumbuhan ekonomi Bupati Bondowoso Drs. K.H Salwa Arifin berkolaborasi dengan berbagai stakeholder baik vertikal maupun horisontal mengembangkan produksi holtikultura ditandai dengan penanaman perdana pisang Cavendish.
Dalam kesempatan ini bupati menyampaikan bahwa tidak hanya produksi yang diperbesar, tetapi pemasaran produk holtikultura ini harus dapat menembus mancanegara, sehingga peningkatan ekonomi masyarakat di kabupaten bondowoso bisa lebih meningkat.
Selain itu, dirinya memaparkan jika wilayah kabupaten setempat masih banyak lagi yang bisa ditanami pisang Cavendis, sehingga bupati berharap dalam kolaborasi itu bisa membawa berkah dan manfaat bagi Kabupaten Bondowoso. "Kerjasam ma ini kita lakukan agar pemulihan ekonomi masyarakat bisa lebih cepat kembali, dan nantinya hasil panen dari pisang Cavendis ini akan diambil oleh PT. Great Giant Pineapple sebagai offtaker," paparnya.
Sementara menurut Sekretaris Kementerian Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengatakan, pengembangan Holtikultura di 11 Kabupaten telah terencana sejak tahun 2019 silam, dan Kabupaten Bondowoso ini masuk dari Ke 7 dari 11 Kabupaten yang telah melakukan kolaborasi.
"Waktu itu direncanakan 11 Kabupaten, dan Kabupaten Bondowoso masuk ke 7," ungkapnya.
Dikatakannya, melalui penanaman pisang Cavendis tersebut, diharapkan dapat menjadi awal yang baik seperti kolaborasi di Kabupaten - Kabupaten lainnya.
Bahkan tak hanya sekedar kolaborasi, Pihaknya akan memberikan pendampingan selama 10 bulan kedepan dalam Demplot tersebut.
"Kalau Demontration Plot ini berhasil sesuai dengan harapan kita, maka kita akan kembangkan lagi di daerah lainnya," tutupnya.