Padukan Data se Jatim, Diskominfo Provinsi Menggelar Kopilaborasi

4 February 2022


Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur menggelar Kopilaborasi Integritas dan Digitalisasi Data Kota/Kabupaten se Jawa Timur, di Hall Suara Surabaya , Kamis (3/2/2022).
Dikutip dari Laman Resmi Kominfo Jatim, Kepala Diskominfo Jatim, Hudiono mengatakan kegiatan yang dikemas denga acara minum kopi bersama tersebut bertujuan untuk menyatukan serta mendigitalisasi data di masing - masing daerah menjadi satu data Jawa timur.
"Integrasi dan Digitalisasi data se Jawa Timur untuk mewujudkan pemerintahan yang efektif dan efisien," ungkapnya.
Kebijakan pemerintah baik Kabupaten ataupun provinsi bisa semakin terukur dan bermanfaat bagi masyarakat luas.
Dikatakannya, salah satu upaya untuk hal tersebut adalah integrasi seluruh data dari tingkat Kabupaten ataupun Kota menjadi satu wadah, yakni satu aplikasi data Jatim.
Selain itu, Diskominfo Jatim menggandeng pihak ketiga dari pakar ITS yang nantinya akan memberikan panduan dan pemahaman kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di masing - masing daerah kabupaten/kota.
"Proses satu data Jatim ini sudah berlangsung dan ditargetkan terwujud dalam tahun ini," paparnya.
Sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tenatng satu data. Dimana dalam Perpres tersebut salah satunya berisi pertimbangan untuk mewujudkan keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan.
Selaras dengan hal itu, Gubernur juga mengeluarkan Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 81 tahun 2020 tentang satu data provinsi Jawa timur.
Hadir dalam acara tersebut, 38 Kepala Diskominfo se Jawa Timur.
Kepala Diskominfo Kabupaten Bondowoso, Gozal Rawan usai mengikuti acara mengatakan, kegiatan itu merupakan upaya percepatan informasi menuju percepatan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur melalui pelayanan publik berbasis teknologi informasi.
Dalam hal ini Dinas Kominfo provinsi Jatim melalui kegiatan Kopilaborasi Integrasi dan Digitalisasi Data Kab/Kota sejatim yang dihadiri Wakil Gubernur ( Emil Elestianto Dardak), Kadis Kominfo prov Jatim (Dr. Hudiyono ,MSi) Ketua KADIN prov Jatim ( Adik Dwiputranto ), Pimpinan Redaksi Radio Suara Surabaya( Edy Prasetyo ) dan Kadis Kominfo Se-Jatim serta stakeholder di lingkungan prov Jatim berkomitmen untuk mewujudkan Satu Data Jawa Timur.
"Hal ini selaras dengan Perpres no 39 thn 2019 tentang Satu Data Indonesia dan Pergub no 81 tahun 2020 tentang Satu Data Jawa Timur," tutupnya.