Melalui Talk Show, Pemkab Bondowoso Galakkan Literasi Daerah

7 February 2022


Untuk meningkatkan minat baca masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso terus berupaya menggugah masyarakat agar semaksimal mungkin gemar membaca.
Hal tersebut dilakukan oleh Pemkab melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat dengan tujuan minat baca masyarakat lebih maksimal dan responsif.
Literasi Daerah yang dilakukan oleh pihak Perpus, dengan cara mendekatkan diri dengan berbagai segmentasi targeting, melalui serangkaian kegiatan yang dilakukan, diharapkan dapat memberikan serta membawa hasil yang maksimal.
Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Alun Taufanan usai mengikuti talk ‘show Safari Duta Baca' yang diselenggarakan oleh Dinas Perpus Provinsi Jawa Timur di Aula Pendopo bupati, Senin (7/2/2022).
"Untuk membangun minat baca masyarakat telah kita lakukan gerakan literasi daerah (Gelida), secara langsung kami kemas dan dirangkum dalam Gelida," ungkapnya.
Dikatakan Alun, Gelida lahir pada Tahun 2021 ketika Keadaan dunia sedang dalam masa Pandemi Covid -19, untuk itu pemerintah setempat dalam hal ini Dinas Perpustakaan berupaya agar tingkat minat baca di Kabupaten Bondowoso terus meningkat.
"Karena Pandemi Covid - 19 ini minat  baca masyarakat jadi berkurang, karena hal ini minat masyarakat untuk baca mengalami penurunan, apalagi sekolah - sekolah kan dilakukan secara Daring," ujarnya.
Menggugah kesadaran masyarakat, kata Alun bukan perkara yang mudah, dengan langkah - langkah yang dilakukan oleh pihaknya diharapkan dapat memberikan ruang khusus untuk meningkatkan minat baca bagi masyarakat luas.
Seperti salah satunya menyediakan ruang bagi masyarakat.
"Salah satu upaya kita adalah menyediakan sarana perpus ditempat umum yang mudah dijangkau, murah dan bermutu," jelasnya.
Ditempat yang sama, Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Disperpus, selain itu dirinya sebagai Kepala Daerah mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi telah memberikan kesempatan besar sebagai tuan rumah Talk show Safari Duta Baca'.
"Ini adalah merupakan kebanggan luar biasa bagi kami," paparnya.
Menurutnya, kegiatan semacam ini merupakan dukungan semangat bagi Dinas terkait ataupun masyarakat dalam rangka meningkatkan minat baca, maka dari itu, bupati mengapresiasi kegiatan talk show Safari Duta Baca'.
"Saya harap kegiatan ini mampu memberikan motivasi gerakan literasi daerah di bondowoso," pungkasnya.