Safari Jum'at, Bupati Resmikan Masjid Nurul Muhlisin Desa Bendelan

11 March 2022


Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin bersama jajaran Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) mengikuti Safari Jum'at dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan jaring aspirasi masyarakat, di  Desa Bendelan Kecamatan Binakal, Jum'at (11/3/2022).
Selain melakukan Safari Jum'at, Bupati secara langsung meresmikan pembangunan Masjid yang di bangun sejak awal tahun 2021 itu.
Menurut bupati, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso mengapresiasi langkah baik dari masyarakat melalui Pemerintah Desa (Pemdes) yang secara gotong royong membangun masjid guna meningkatkan kualitas dan ketaqwaan para kaum muslim.
"Membangun jiwa adalah hal yang sangat sulit daripada membangun fisik," ungkapnya di hadapan para jemaah.
Dengan diresmikannya Masjid tersebut , diharapkan agar masyarakat sekitar pada khususnya bisa lebih maksimal dan memiliki jiwa yang bisa dibina agar lebih maksimal dalam mengamalkan ajaran-ajaran Islam, sehingga Masjid yang berdiri kokoh bukan hanya sekedar formalitas saja.
Lebih jauh bupati menegaskan, setiap manusia mempunyai karakteristik berbeda dari satu dengan yang lainnya, baik dari segi perbuatan dan sikap yang melekat pada diri masing-masing manusia, maka pada kesempatan tersebut bupati mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat, utamanya kaum milenial atau kaum muda agar bisa mawas diri dari hebatnya perkembangan teknologi masa kini.
"Karakter dan tindakan bisa di sesuaikan dengan jiwa, maka insyaallah syurga yang kita dapat, utamanya bagi pemuda agar  bisa ikut andil didalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT," paparnya.
Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Bendelan Bambang Suhartono menjelaskan pembangunan Masjid Nurul Muhlisin yang diperkirakan bisa menampung kurang lebih 150 jemaah tersebut menggunakan anggaran swadaya masyarakat dan para donatur yang secara suka rela memberikan dukungan baik secara materil maupun secara tenaga.
"Pembangunan Masjid yang di bangun awal 2021 ini kira - kira menghabiskan anggaran kurang lebih 1 M dengan menggunakan anggaran swadaya, seperti penarikan amal di jalan, dari masyarakat sendiri maupun dari donatur lainnya," jelasnya.
Sebagai petinggi desa, dirinya berharap kepada pemerintah daerah agar pembenahan fasilitas umum, utamanya akses jalan yang menuju ke Masjid Nurul Muhlisin sesegera mungkin bisa di lakukan, hal ini juga bertujuan agar pembangunan di Kabupaten Bondowoso bisa betul di rasakan oleh masyarakat, khususnya masyarakat Bendelan.
"Yang kami harapkan adalah pembenahan infrastruktur jalan, karena jalan yang ada saat ini dimana satu - satunya akses jalan menuju Masjid, sebagaimana kita ketahui jalan yang dilewati cukup terjal dan curam," ujarnya.
Seperti diketahui, selain meresmikan Masjid Pemerintah Kabupaten juga memberikan bantuan santunan kepada masjid yang baru diresmikan, seperti pemberian bantuan secara tunai dan peralatan - peralatan kelengkapan Masjid.