Resmikan Aplikasi Si - Gaban, Ini Harapan Bupati Bondowoso

26 April 2022


Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin melaunching  inovasi Aplikasi Sistem Informasi Tanggap Bencana (Si- Gaban) yang di gagas oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso, Di Pendopo Bupati, Selasa (26/4/2022).
Launching Inovasi itu, Bertepatan dengan hari peringatan kesiapsiagaan bencana nasional tanggal 26 April tahun 2022 yang mengambil tema "Keluarga Tangguh Bencana".
Menurut Bupati, kesiapsiagaan bencana perlu dipersiapkan sejak dini dan dimulai dari hal kecil, seperti dimulai dari keluarga dan kerabat, karena hal tersebut kesiapan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana menentukan besar kecilnya resiko dan dampak bencana yang akan dihadapi.
Dikatakannya, upaya penanganan bencana bukan dilakukan secara sendiri- sendiri, akan tetapi dilakukan secara bersama - sama.
"Sebagai implementasi kesiapsiagaan bencana nasional tahun ini, pemerintah melalui BPBD meluncurkan Inovasi Si - Gaban, dimana aplikasi tersebut adalah media pelaporan dalam rangka Penanganan bencana di Kabupaten Bondowoso," ungkapnya.
Selain sebagai media pelaporan, kata Bupati, Aplikasi Si - Gaban mempunyai keunggulan dalam memberikan peta daerah rawan bencana sehingga masyarakat bisa memahami tempat daerah yang rawan Bencana.
"Aplikasi ini juga berisikan informasi tentang penanganan bencana oleh BPBD kabupaten bondowoso dan berisikan informasi berbagai mitigasi bencana yang bisa dilakukan oleh masyarakat Bondowoso dalam rangka pencegahan terjadinya bencana," tegasnya.
Dengan di luncurkannya aplikasi tersebut, dirinya berharap bisa bermanfaat bagi masyarakat kabupaten setempat, sehingga setiap masyarakat luar yang ingin berkunjung ke daerah Bondowoso bisa mengetahui area - area titik rawan Bencana.
"Saya berharap inovasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat bondowoso dan masyarakat luar," tutupnya.