Sempat Hilang, Pendaki Gunung Ijen Ditemukan Selamat

9 May 2022


Seorang wisatawan asal Kabupaten Bondowoso sempat hilang hingga 24 Jam lebih pada saat mendaki di lereng gunung Ijen.
Kabar hilangnya pendaki asal warga desa Kalianyar, Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso tersebut dikabarkan hilang sejak Sabtu (7/5).
Hingga saat proses pencarian akhirnya pendaki yang bernama Gafila Deby Adriyani (18) tahun ditemukan dalam keadaan selamat pada Minggu (8/5). Oleh tim SAR gabungan.
Menurut beberapa sumber mengatakan, korban ditemukan dalam keadaan selamat namun masih dalam keadaan lemas.
"Ia sudah ditemukan di dasar tebing tali dalam keadaan lemas," ungkap salah satu Tim SAR yang saat itu melakukan proses evakuasi korban.
Fakta - fakta yang ditemukan saat itu adalah, pada saat proses pencarian, awal mula handphone dan sepatu korban ditemukan tidak jauh dari lokasi hilangnya korban pada saat mendaki.
Selain itu, pendaki tidak seorang diri, namun dirinya bersama belasan teman lainnya yang ikut mendaki.
Pada hari Sabtu,7 Mei 2022 rombongan atas nama Febri,Ulum,Rahmad dan Deby(Survivor) bersama rombongan lain berjumlah 14 naik ke kawah ijen via Paltuding pukul 02.00 WIB untuk menyaksikan bluefire.Setelah sampai di puncak,rombongan tersebut berpisah,sebagian turun ke kawah sementara dua orang yaitu febri dan survivor menunggu di atas.
Pukul 05.00 WIB febri mengajak deby untuk turun terlebih dahulu menuju ke parkiran motor,di tengah perjalanan survivor ijin kepada febri untuk kembali ke puncak karena ingin BAB,dan febri turun ke parkiran motor seorang diri.
setelah sampai di parkiran,selang beberapa jam rombongan tiba,namun deby tidak berada pada rombongan tersebut,akhirnya febry mencoba untuk menghubungi deby via telepon dan deby menjawab kalau sudah sampai di rumah.tanpa menaruh curiga sedikitpun akhirnya mereka pulang ke rumah masing".
Pukul 10.00 WIB Orang Tua Korban mendatangi rumah febry untuk menanyakan keberadaan deby yang ternyata belum juga pulang ke rumah,febry menjelaskan kepada Orang Tua kalau deby sudah pulang pada saat di telpon.setelah di tunggu sampai pukul 19.00 WIB survivor belum juga pulang,pihak keluarga melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib.
*Sumber BPBD Bondowoso*