Sambut Kedatangan Tim Asesor UGG, Ini Persiapan Pemkab Bondowoso

11 May 2022


Dalam rangka menyambut kedatangan tim asesor UNESCO Global Geopark untuk melakukan penilaian di Ijen Geopark, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso melakukan Rapat Koordinasi Pra Assessment, di aula Graha Ijen Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), Rabu, (11/5/2022).
Hadir dalam acara, Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat, Jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terlibat dalam Ijen Geopark.
Menurut Wabup Irwan, kegiatan tersebut dilakukan guna menyambut kedatangan tim asesor dan bagaimana OPD menyiapakan sarana dan prasarana, baik dokumen dan lainnya.
"Alhamdulillah progresnya sudah 90 persen persiapannya, hanya tinggal membentuk tim kecil untuk menyambut kedatangan tim asesor mulai dari bandara sampai ke kawah Ijen," ungkapnya.
Dikatakan Wabup, nanti setelah tim asesor datang, situs - situs di wilayah Bondowoso akan banyak dikunjungi dan dinilai oleh tim asesor, sehingga diharapkan persiapan di kabupaten bondowoso harus benar-benar maksimal.
Mengingat waktu sudah dekat, lanjut Wabup Irwan, setiap OPD yang terkait , diharapkan dapat memberikan kontribusi dan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Geopark.
"Tadi saat rapat semua tim OPD melaporkan sudah siap sampai 80 persen, seperti kesiapan sarana prasarana di OPD BSBK dan OPD -OPD lainnya sudah siap," tegasnya.
Lebih jauh, Wabup menambahkan beberapa titik situs dan objek wisata yang akan di kunjungi adalah, Pemandian air panas blawan, kawah wurung,daerah kluncing yang berkaitan dengan Kopi.
"Besok kamis kita akan melihat persiapan di atas, sekaligus meninjau sarana prasarana yang masih belum di sentuh," pungkasnya.