Upacara Harkitnas 114, Bupati Bondowoso Bacakan Amanat Menkominfo

20 May 2022


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso menggelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ya g ke -114, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin membacakan teks amanat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Tjahjo Kumolo, Upacara tersebut digelar di halaman Pemkab setempat, Jum'at (20/5/2022).
mengambil tema 'Ayo Bangkit Bersama' adalah merupakan kebangkitan bagi Negara pasca masa Pandemi Covid -19 dua tahun terakhir.
Membacakan amanat Menkominfo, Bupati mengungkapkan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) merupakan hari bangkitnya bersejarah bagi Negara Indonesia dimana pada masa itu tokoh pemuda Dr. Sutomo beserta para pelajar STOVIA mendirikan perhimpunan Budi Utomo untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari bangsa-bangsa lain.
"Pada tanggal 20 Mei 1948, presiden Pertama Indonesia, Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia," ungkapnya.
Pada masa itu, lanjut bupati, banyak ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi ditengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari kaum bangsa penjajah, yakni Belanda.
Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasionalisme dimana semangat persatuan digagas oleh Boedi Oetomo dan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan serta mencegah perpecahan bangsa.
"Sesuai dengan tema Hari Kebangkitan Nasional tahun ini, adalah Mari bangkit bersama," tuturnya.
Ditempat yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bondowoso, Ghozal Rawan mengutarakan sejalan dengan teman Harkitnas kali ini, Ghozal berharap bondowoso bisa menyelaraskan dengan tema Harkitnas.
"Kita harus bersinergi bagaimana bondowoso ini kedepan bisa bangkit untuk melesat," pungkasnya.