Jelang Kedatangan Tim Assesor UGG, Pemkab Bondowoso Rakor Teknis

25 May 2022


Menjelang kedatangan Tim asesor UNESCO Global Geopark (UGG), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso menggelar Rapat Koordinasi teknis persiapan Assesment Geopark Ijen, Di Kantor Camat Ijen, Rabu (25/5/2022).
Rapat koordinasi tersebut merupakan bentuk kekompakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajaran dibawahnya untuk mensukseskan Bondowoso menuju Ijen Geopark.
Hadir dalam acara Rakor persiapan Asesmen, Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat, Asisten II, Abdurrahman, dan Beberapa Kepala Dinas OPD setempat serta jajaran Tim Geopark.
Menurut Wabup Irwan saat memberikan sambutan mengatakan, rapat tersebut merupakan bentuk kekompakan para OPD dan Jajaran lainnya dalam rangka menyambut kedatangan tim asesor.
Wabup Irwan meminta kepada seluruh jajaran OPD, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan hingga Pemerintahan Desa agar menyiapkan dan memberikan bimbingan kepada masyarakat di wilayah Ijen Geopark untuk turut serta membantu mensukseskan Bondowoso menuju Ijen Geopark.
"Nanti kita akan memantau, sinergi di semua bidang, karena ini untuk kabupaten bondowoso," ungkapnya.
Ditempat yang sama, Sofyan selaku Ketua PHIG mengatakan, Keasrian kawasan Ijen sangat menentukan keberhasilan Kabupaten Bondowoso untuk masuk menjadi UNESCO Ijen Global Geopark.
"Keaslian Kawasan Ijen harus tetap dijaga, seperti kebersihan dan keindahan alam yang ada di wilayah Ijen, karena itu masuk dalam penilaian dari tim asesor untuk masuk dalam kategori kabupaten UNESCO Global Geopark," ringkasnya.
Dikatakannya, kegiatan- kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah maupun masyarakat diharapkan tidak membuat tim asesor merasa tidak berkenan seperti halnya membuang sampah di sembarang tempat lanjut Sofyan bisa mengurangi nilai.
"Kita harapkan kepada masyarakat dan pemerintah untuk tidak melakukan hal - hal yang bisa membuat kurangnya nilai dari tim asesor nanti," tutupnya.