Lakukan Penilaian Geosite, Tim Asessor UGG Kagum Tarian Tradisional dan Situs Di Bondowoso

10 June 2022


Setelah melakukan Kunjungan dalam rangka penilaian di Kabupaten Banyuwangi, Tim Asessor UNESCO Global Ijen Geopark (UGG) yaitu Mr. Jacob dan mis. Martina kini memberikan penilaian kepada Kabupaten Bondowoso.
Didampingi oleh Jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pemerintah daerah Bondowoso, rombongan tim Asessor disambut dengan berbagai suguhan budaya tradisional asli milik kabupaten bondowoso.
Usai melakukan peninjauan bersama tim Asessor, Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin saat melakukan Realese mengungkapkan jika Kabupaten Bondowoso optimis masuk dalam kategori UNESCO Global Geopark.
Sebagai orang nomor satu di bondowoso, bupati menegaskan jika tim Asessor merasa terpana setelah melihat hal yang tiada duanya khas tradisional maupun beberapa geosite -geosite yang dimiliki oleh alam Bondowoso.
"Rupanya tim asessor sangat antusias didalam melakukan peninjauan untuk memberikan penilaian terhadap geosite -geosite yang ada di kabupaten bondowoso," ungkapnya, Di Homestay Arabika, Jum'at (10/6/2022).
Ditempat yang sama, Wakil Bupati (Wabup) Irwan Bachtiar Rahmat membenarkan,  tim Asessor sangat terkesan dengan keindahan alam di wilayah kabupaten Bondowoso, selain meninjau beberapa geosite, tim Asessor juga sempat menikmati keakraban bersama pemetik kopi di kawasan Desa Kkuncing, Kecamatan Sumber Wringin.
"Mereka (tim Asessor, red) merasa sangat kerasan di sini dan ini luput dari Rundown Tim Asessor, bahkan mereka sempat berinteraksi dengan para pemetik kopi di Kluncing, dan setelah di Homestay mereka sangat terkesan dengan tarian budaya  tradisional yang merupakan Cultursite milik Bondowoso," paparnya.
Wabup Irwan juga memaparkan jika tim Asessor juga sangat antusias pada saat meninjau Kawah Wurung yang memiliki bentangan view yang sangat memukau pada siapapun mata yang memandang, Destinasi wisata satu ini juga merupakan kebanggaan kabupaten Bondowoso dengan daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara maupun negeri.
Mewakili Kabupaten Bondowoso, Wabup berharap segala upaya beserta kerja keras seluruh jajaran yang terlibat dalam kegiatan tersebut bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan bisa membawa nama kabupaten Bondowoso ke dunia Dan mudah-mudahan lolos  sebagai UNESCO Global Geopark.
"Hasil penilaian ini nantinya akan disidangkan di Thailand pada tanggal 14 September, hasil penilaian dari semua Situs yang ada di kabupaten Bondowoso akan di bawa ke Thailand untuk disidangkan sebagai UNESCO Global Geopark setelah melalui proses-proses," pungkasnya.
Seperti diketahui, Mulai dari Kluncing hingga Paltuding tim Asessor mengunjungi Lima Situs yang ada di kawasan Ijen Bondowoso, selain itu, Sajian Tarian Khas tradisional Bondowoso seperti Tarian Molong Kopi, tarian Singo Ulung dan Tarian Topeng Konah ada di dalam rangkaian penyajian berbagai Cultursite milik Bondowoso. Pemkab Bondowoso sangat optimis untuk masuk Sebagai UNESCO Global Geopark.