Pemkab Bondowoso Dapat Jatah 5.100 Dosis Vaksin Ternak Tahap I

25 June 2022


Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso mendapat jatah dosis vaksin untuk ternak sapi, dimana vaksinasi tersebut akan di berikan kepada sapi ternak yang sehat.
Rencananya, sebelum hari raya idul adha pemerintah melalui Dinas Peternakan dan perikanan (Disnakan) setempat bakal menyalurkan vaksinasi  tersebut.
Kepala Disnakkan, Mohammad Halil mengungkapkan jika pihak Disnakan telah menyiapkan Lima Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yang tersebar di seluruh kecamatan untuk memberikan vaksinasi tahap I.
"Kita mendapatkan jatah 5.100 dosis untuk tahap I, dimana dosis itu hanya untuk sapi yang masih sehat," ungkapnya, Jum'at (25/6/2022).
Di paparkan Halil, untuk jatah tersebut pihaknya akan menindaklanjuti ke pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Timur, agar pemberian dosis vaksin tahap I bisa terealisasi sebelum hari raya idul adha tahun ini.
Selain itu, pihaknya mewanti -wanti agar supaya hewan kurban yang nantinya akan di potong haruslah dalam keadaan sehat.
"Ya tentunya harus dalam keadaan sehat, karena kalau hewan yang sakit tidak akan dijadikan kurban," paparnya.
Meski hewan yang terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tidak berbahaya bagi manusia, akan tetapi  target dari Rumah Potong Hewan(RPH) hewan kurban haruslah berstandar dan sehat.
"Ya kita tetap memantau intinya mana sapi yang akan dipotong dengan mengerahkan petugas yang ada,"ringkasnya