Harganas ke 29, Bupati Bondowoso: Pentingnya Hubungan Dalam Keluarga

26 June 2022


Sejak Pandemi Covid -19 dua tahun lalu, kegiatan di luar rumah sangat dibatasi, sehingga waktu bersama keluarga lebih banyak dan teratur. 
Hal itu mengingatkan kita pada masa lalu, dimana waktu kita banyak dirumah dibandingkan saat ini. 
Melalui momentum Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 29 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso mengingatkan tentang pentingnya hubungan didalam sebuah keluarga. 
Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin saat memberikan sambutan pada acara peringatan Harganas 29 di Alun - Alun Ki Ronggo, Minggu (26/6/2022). 
"Harganas merupakan simbol pentingnya arti keluarga tehadap upaya memperkuat pertahanan nasional," ungkapnya. 
Dikatakan Bupati, sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter pada sebuah bangsa. 
Melihat kegiatan positif itu, bupati berpesan agar kegiatan semacam ini harus dijadikan sebagai ajang sosialisasi dan optimalisasi fungsi keluarga didalam bangsa Indonesia. 
"Optimalisasi delapan fungsi keluarga diantaranya: Agama, Sosial Budaya, Cinta kasih,Melindungi, Reproduksi, Pendidikan ekonomi dan fungsi melindungi lingkungan untuk mewujudkan keluarga yang ber ketahanan," paparnya. 
Disamping itu, Kegiatan Harganas 29 merupakan ajang sosialisasi dalam percepatan penurunan srunting kepada   masyarakat,  sebab lanjut Bupati, pemkab Bondowoso masih mempunyai tugas untuk mengejar angka stunting yang masih berkisar 14 persen. 
Maka dari hal itu, Harganas hendaknya menjadi daya ungkit keberhasilan program dan menjadi komitmen bersama untuk percepatan penurunan stunting. 
"Saya mengajak masyarakat bersama -sama untuk meningkatkan kepedulian serta komitmen dalam penurunan stunting," pungkasnya.