Bupati Bondowoso Launching Balai Napsa Adhyaksa

14 July 2022


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso saat ini telah mempunyai Balai rehabilitasi bagi para pecandu Narkoba Napsa Adhyaksa yang ditempatkan di Lingkungan Rumah Sakit Koesnadii Bondowoso.
Secara resmi Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin meresmikan balai tempat khsusus pecandu Narkoba dengan ditandai pemotongan Pita, Kamis (14/7/2022).
Menurut Bupati, pembangunan Balai Napsha Adhyaksa itu merupakan bentuk dukungan kerjasama antara pemerintah dengan pihak Kejaksaan dalam memberantas dan merehabilitasi para pecandu Narkoba di wilayah hukum Kabupaten Bondowoso.
"Sebagai upaya misi penyelamatan para pecandu Narkoba dari ketergantungan," ungkapnya.
Dikatakan Bupati, upaya ini merupakan upaya positif untuk mengubah pola pecandu narkoba supaya jera , dengan adanya balai Napsa Adhyaksa lanjut Bupati, diharapkan dapat memberikan dan menjadi sarana untuk merehabilitasi pasien pecandu Narkoba.
Dengan begitu, tambahnya para tenaga medis bisa melaksanakan tugas dan fungsi beserta perannya untuk mengubah pola hidup pecandu yang dahulunya serba ketergantungan dengan obat - obat terlarang bisa sembuh dan kembali menjalani kehidupan wajar dalam lingkungan masyarakat.
"Ruangan ini sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai, diharapkan kepada pecandu Napsa agar dilakukan proses rehabilitasi dengan pendekatan yang humanis," imbuhnya.
Direktur Rumah Sakit Koesnadi Bondowoso, Yus Priatna memaparkan, saat ini masih menyediakan 2 ruangan kelas 1 untuk penanganan pecandu nantinya.
"Launching Balai Napsa Adhyaksa ini memang merupakan intruksi dari Kejaksaan tinggi bahwa setiap daerah harus memiliki balai Napsa Adhyaksa," ringkasnya.