Buka MPLS, Ini Pesan Bupati Bondowoso

18 July 2022


Saat ini, Pendidikan di wilayah Kabupaten Bondowoso sedang memasuki Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Sebanyak 3.321 siswa akan malakukan MPLS di lembaga masing - masing. 
Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin secara langsung membuka MPLS di SMP Negeri 1 Kota Bondowoso, Senin (18/7/2022). 
Dalam sambutannya, Bupati meminta kepada seluruh tenaga pendidik agar bisa melaksanakan regulasi kurikulum merdeka kepada seluruh siswa -siswi. Dimana kurikulum tersebut mempunyai tujuan untuk mengasah minat dan bakat anak sejak dini dengan fokus pengembangan esensial dan pengembangan karakter. 
"Dengan penerapan kurikulum ini dapat menunjang akselerasi atau percepatan pembangunan mutu dan inovasi pendidikan yang nyata di kabupaten Bondowoso," ungkapnya. 
Pada masa MPLS, Bupati meminta kepada seluruh tenaga Pendidik agar terus mengawasi dan memantau setiap kegiatan didalam maupun di luar sekolah, hal itu di harapkan Bupati agar tidak terjadi bullying  antar siswa. 
"Saya titip putra dan putri di Kabupaten bondowoso; jadikan mereka generasi yang berprestasi," tegasnya. 
Ditempat yang sama kepala Dinas Pendidikan, Sugiono Eksantoso memaparkan apa yang telah disampaikan oleh Bupati pada saat memberikan sambutan dan pembukaan MPLS supaya dijadikan landasan di setiap lembaga pendidikan. 
"Kami ingin apa yang di sampaikan oleh Bupati agar diterapkan di sekolah - sekolah dengan tujuan membentukan generasi yang berprestasi," paparnya. 
Disamping itu Sugiono menegaskan agar pada saat MPLS tidak ada yang namanya pembullyian terhadap siswa didik yang baru, karena hal itu tambahnya akan menjadikan siswa mempunyai trauma, maka degan tegas Kepala Dinas Pendidikan meminta tidak ada lagi MPLS dengan gaya yang seperti dahulu. 
"Kita ingin menciptakan lingkungan pendidikan yang damai seiring dengan pemberlakuan kurikulum merdeka dimana didalam kurikulum itu menjadikan anak lebih betah untuk belajar," tutupnya.