Buka Pelatihan Tematik, Ini Pesan Bupati Kepada Petani Bondowoso

27 July 2022


Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin membukan secara langsung pelatihan tematik pembuatan asap cair dan pemberian bantuan kepada para kelompok atau bagungan petani di aula Balai Penyuluhan Petani (BPP) Besuk, Kecamtan Klabang, Rabu (27/7/2022).
Pelatihan itu diikuti oleh para petani yang ada diwilayah setempat.
Dalam sambutannya, bupati berpesan kepada para peserta yang terdiri dari para petani agar bisa mengikuti pelatihan tematik pembuatan asap cair secara maksimal.
"Kepada para petani yang mengikuti pelatihan tematik pembuatan asap cair ini agar tidak hanya menjadi pengetahuan saja tetapi harus bisa menerapkan hasil dari pelatihan ini," ungkapnya.
Selain memberi edukasi kepada petani, pelatihan tersebut diharapkan agar bisa memberikan dampak positif bagi petani - petani yang lain.
Disamping itu, pemerintah akan memberikan dukungan secara menyeluruh agar hasil capaian pelatihan nantinya bisa diterapkan secara langsung.
"Bisa saja kami upayakan memberikan bantuan, karena mereka setelah mengikuti pelatihan sudah mempunyai ilmu pengetahuan," paparnya.
Ditegaskan bupati, setelah para petani menerima bantuan dari dinas terkait supaya tidak menyalahgunakan bantuan itu, terlebih dinas setempat akan memberikan punhisment atau sanksi kepada petani yang menyalahi himbauan dinas.
"Intinya ya itu, jangan dijual harus dimanfaatkan untuk kepentingan bertani," tuturnya.
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Hendry Widytono menjelaskan melalui bidang yang menagani mengatakan, pelatihan tersebut diikuti oleh petani yang di wilayah 7 BPP di bondowoso.
Pelatihan itu juga diharapkan agar para petani bisa menimba ilmu guna mengurangi populasi limbah sampah yang ada di bondowoso.
"Bahan-bahannya bisa digunakan anatara lain bisa dari limbah batok kelapa, limbah plastik dan lain -lain," ringkasnya