JKF 2022, Kabupaten Bondowoso Unggulkan Aplikasi SIBUBA

28 July 2022


Aplikasi Sistem Informasi Ibu dan Bayi (SIBUBA) menjadi unggulan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bondowoso dalam mempresentasikan kabupaten dalam Jatim Kominfo Festival (JKF) tahun 2022, di Kota Batu.
Sistem SIBUBA merupakan aplikasi yang membantu pemerintah kabupaten dalam menekan angka kematian ibu.
Aplikasi tersebut telah mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Timur pada tahun 2021 kemarin.
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bondowoso, Gazal Rawan menjelaskan dari belasan aplikasi yang ditampilkan dalam JKF, Diskominfo mengunggulkan aplikasi SIBUBA.
"Kita presentasikan SIBUBA, karena pada beberapa tahun kemarin tengah mendapat penghargaan dari Gubernur, dan direplikasi oleh kabupaten kota yang lain," ungkapnya, Kamis (27/7/2022).
Selain itu, pada sambutan di acara JKF SIBUBA mendapat Apresiasi dari Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jatim, sehingga hal ini juga mendorong semangat dari kabupaten bondowoso untuk mengunggulkan di presenstasi Jkf.
"Salah satu sambutan Kadiskominfo menyebut itu, dan diharapkan rencana kabupaten bondowoso menuju smart city secara bertahap bisa di wujudkan," paparnya.
Dikatakannya, secara umum kabupaten bondowoso saat ini tidak bisa lepas dari yang namanya Digitalisasi informasi, maka dari hal tersebut perluasan digitalisasi apikasi perlu di terapkan.
"Kami dari kominfo bondowoso menggunggulkan SIBUBA, karena dalam Jkf seluruh kabupaten kota harus menampilkan inovasinya masing - masing," jelasnya.
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya memaparkan, pada tahun - tahun berikutnya digitalisasi akan menjadi sebuah pendorong atau penyokong seluruh aktifitas masyarakat, salah satunya sebagai platform UMKM.
Diungkapkan Gubernur, kontribusi PDRB Jawa Timur sebanyak 57, 81 persen adalah berasal dari sektor UMKM.
"Maka pola -pola pengembangan startup, para bupati dan walikota bisa secara langsung membangun kristalisasi platform - platform digital terutama untuk pelaku UMKM," pungkasnya