Brantas Peredaran Rokok Ilegal, Satpol PP Bondowoso Gelar Sosialisasi Penegakan Hukum

21 September 2022


Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Bondowoso menggelar Sosialisasi Bidang Penegakan Hukum, Di Ballroom Inpari Hotel Grand Padis,  Rabu (21/9/2022).
Acara Sosialisasi Penegakan Bidang Hukum tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang peredaran rokok ilegal diwilayah Kabupaten Bondowoso. 
Hadir dalam acara sosialisasi,  Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat,  Kepala Satuan Pol-PP,  Slamet Yantoko,  Direktorat Jendral Bea Cukai Jember,  Kejaksaan Negeri Bondowoso,  Dan Ratusan Satlinmas di 23 Kecamatan. 
Dalam sambutannya Wabup Irwan meminta kepada pihak penegak Peraturan Daerah dalam hal ini Satpol-PP agar benar - benar menjalankan tugas dan fungsinya didalam menegakan perda. 
"Dalam penegakan hukum ada dua hal,  yaitu hukum yang baik,  dan yang kedua pelaksana hukum dilapangan harus mempunyai mental dan perilaku yang baik,"ungkapnya. 
Dijelaskan Wabup,  peran Satpol-PP didalam membantu menegakan Perda kabupaten sangat dibutuhkan sehingga roda hukum di Bondowoso benar - benar berjalan dengan semestinya. 
Wabup juga berharap dengan adanya sosialisasi tersebut bisa memberikan hasil dan motivasi bagi masyarakat didalam menjaga kondusifitas hukum yang ada. 
"Satpol-PP harus humanis dalam menegakan Perda,  jangan sampai menimbulkan ketidakkondusifan ditengah - tengah masyarakat didalam menegakan Perda, "paparnya. 
Selain itu,  Wabup meminta kepada Satpol-PP sebagai penegak hukum Perda agar membawa kejujuran. 
"Selaku penegak hukum saya berharap agar kebenaran dan keadilan betul ditegakan,  jangan sampai penegakan hukum tanpa kejujuran, kita jangan sampai  semua dianggap munafik,"tambahnya. 
Ditempat yang sama,  Kasat Pol-PP,  Slamet Yantoko memaparkan jika pihak saat ini telah melakukan tugas dan fungsi sebagai penegak Perda, untuk saat ini,  kata Slamet pihaknya telah menyita rokok dengan tidak memakai pita cukai sebanyak Ratusan ribu batang rokok di 7 Kecamatan. 
"Saat ini kami dengan bersama pihak bea cukai pada saat melakukan Inspeksi mendadak telah menyita rokok ilegal sebanyak 250 ribu batang rokok siap edar, "pungkasnya