Jamin Kesehatan Masyarakat, Pemkab Bondowoso Launching UHC

11 October 2022


Didalam rangka menjamin kesehatan masyarakat Kabupaten Bondowoso,  Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso melaunching Universal Health Coverage (UHC) di Pendopo Bupati,  Selasa (11/10/2022).
Penyelenggaraan UHC merupakan amanat Undang - Undang dan berkaitan dengan capaian pembangunan berkelanjutan. 
Bupati Bondowoso,  KH.  Salwa Arifin dalam sambutannya mengungkapkan UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan semua penduduk paling sedikit 95 persen dari jumlah penduduk telah terdaftar sebagai peserta program JKN dan memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan. 
"Dari hal tersebut maka Pemerintah Kabupaten Bondowoso berupaya menyelenggarakan UHC dan capaian kepesertaan JKN Kabupaten Bondowoso telah mencapai 95,18 persen, "ungkapnya. 
Dari hasil capain tersebut, diharapkan bisa lebih meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama meningkatkan akses pelayanan mutu kesehatan. 
Selain itu,  penguatan fasilitas pelayanan menjadi salah satu komitmen pemerintah untuk menjaga kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat. 
Untuk itu,  tambah Bupati,  peran serta masyarakat dalam hal tersebut sangat diharapkan dalam rangka menjaga keberlanjutan dan keberlangsungan UHC. 
"Dengan tercapainya UHC ini semoga menjadi pemberian layanan kesehatan terhadap masyarakat,"tutupnya