Buktikan Keberhasilan, Pemkab Bondowoso Panen Perdana Pisang Cavendhis

26 November 2022


Sebagai wujud keberhasilan penanaman pisang Cavendhis di Kabupaten Bondowoso. Pemerintah Bondowoso melakukan Panen perdana bersama beberapa Menteri Republik Indonesia dan beberapa Bupati dari luar Kabupaten Bondowoso, Di kebun pisang Cavendhis Maskuning Kulon, Kecamatan Pujer, Satu (26/11/2022).
Pisang Cavendhis merupakan komoditas buah tropis yang sangat pupoler beberapa tahun terakhir, pisang itu dikenal di kalangan masyarakat dengan sebutan pisang ambon putih yang banyak diminati baik dari kalangan masyarakat bawah hingga atas.
"Panen perdana ini untuk membuktikan kepada masyarakat mengenai keberhasilan penanaman pisang Cavendhis," ungkap Bupati Salwa Arifin.
Dikabupaten Bondowoso sendiri luas perkebunan pisang pada tahun 2019 adalah 198 HA dengan jumlah produksi sebesar 48,8 ribu ton dan di tahun 2020 luasnya bertambah 202 HA dengan jumlah produksi sebesar 48,8 ribu ton. Dari jumlah tersebut minat tentang pisang Cavendhis bertambah dari tahun ke tahun.
Dikatan Bupati, sejak tahun 2022 Pemkab Bondowoso menjalin kerjasama dengan PT. Nusantara Segar Abadi (NSA), dimana Perusahaan tersebut merupakan eksportir pisang Cavendhis terbesar di Indonesia, maka dari hal tersebut Pemkab Bondowoso konsisten dan berkelanjutan berupaya menggali potensi baru serta memfasilitasi pengembangan Cavendhis.
"Saya harapkan Dinas Pertanian bisa mendukung secara penuh tentang pengembangan pisang Cavendhis," pungkasnya. 
Seperti diketahui, Launching fase pertama pisang Cavendhis dilakukan pada tahun Januari 2022 di Desa Maskuning Kecamatan Pujer.