Tingkatkan Kapasitas Pendamping Desa, Pemkab Bondowoso Berikan Sosialisasi

12 January 2023


Guna meningkatkan Kapasitas kinerja para Pendamping Profesional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) memberikan bekal ilmu kepada para Pendamping se - Kabupaten Bondowoso, Di Wisata Tirta Agung, Desa Sukosari Kidul Kecamatan Sumber Wringin, Kamis (12/1/2023).
Secara simbolis, Bupati Bondowoso membuka sosialisasi peningkatan Kapasitas Pendamping Profesional.
Dalam sambutannya, Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin menyampaikan para pendamping yang ada di seluruh desa se - Kabupaten Bondowoso untuk senantiasa update dalam penyajian data yang ada didesa.
"Saya harapkan para pendamping desa agar terus memberikan dan melaksanakan tugas serta fungis pendamping di wilayah desa masing - masing," ungkapnya.
Selain itu, Bupati meminta agar para pendamping bisa menjadi suri tauladan bagi perangkat maupun masyarakat didesa masing - masing. Hal tersebut wajib diterapkan agar masyarakat bisa benar - benar memahami tugas dan fungsi seorang pendamping desa.
"Berikan pelayanan maksimal, karena tugas dan fungsi seorang pendamping desa harus bisa memberikan contoh yang baik dan benar kepada masyarakat," tegasnya.
Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Haeriah Yuliati memaparkan, kegiatan sosialisasi peningkatan kapasitas Pendamping Profesional diikuti oleh seluruh tenaga pendamping se - Kabupaten Bondowoso.
Dijelaskannya, para pendamping desa memiliki peran penting dalam penyajian data yang ada di desa, sehingga para pendamping merupakan kunci utama dalam setiap kegiatan yang ada di desa.
"Para pendamping memiliki tugas dalam pendampingan yang ada didesa," paparnya.
Dikatakan Haeriah, para pendamping adalah mitra dari Kepala Desa dan seluruh jajaran yang ada di pemerintahan desa dan kabupaten, sehingga dalam penugasannya, pendamping dinilai sangat membantu dalam menyajikan data - data di setiap kegiatan yang ada di desa.
"Teman - teman ini juga ikut membantu desa dalam mengaupload kegiatan yang ada didesa, seperti halnya melakukan sosialisasi SDGs, dan mendukung desa dalam pencapaian yang ada didesa," tutupnya.