Rakor Evaluasi UHC, Ini Harapan Wabup Irwan

12 January 2023


Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat memimpin  Rapat Koordinasi (Rakor) evaluasi UHC di Kantor Dinas Kesehatan, Kamis (12/1/23).
Dalam Rakor tersebut, Wabup Irwan menyoroti beberapa hal yang menjadi keluhan masyarakat terkait pelayanan UHC. Wabup meminta pelayanan UHC lebih dimaksimalkan.
"Jangan ribetkan masyarakat dengan urusan administrasi", ungkapnya.
Wabup meminta kepada Instansi yang membidangi agar disiapkan sebuah aplikasi khusus yang terintegrasi untuk mempersingkat alur pelayanan UHC.
"Sosialisasikan seluruh informasi terkait UHC secara maksimal dengan melibatkan unsur Camat, Kepala Desa, hingga Puskesmas, agar masyarakat mengetahui manfaat dari program UHC", tegasnya.
Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), Agung Trihandono menerangkan  validitas data penduduk menjadi salah satu poin penting tercapainya program UHC, saat ini,  pihaknya telah melakukan "bersih-bersih" terkait data penduduk yang telah meninggal namun masih tercatat dalam data adminduk Kabupaten Bondowoso. 
Disamping itu, tambah Agung, BPJS Kesehatan Kabupaten Bondowoso selaku pelaksana teknis akan terus bersinergi dan mengevaluasi apa yang telah menjadi keluhan masyarakat, sehingga ke depan pelayanan kepada masyarakat akan semakin maksimal.
"Melalui rapat koordinasi ini, diharapkan kedepan keluhan-keluhan tidak akan terjadi lagi, dan program UHC ini dapat memberikan dampak yang positif dalam pelayanan kesehatan masyarakat," tutupnya.