Erupsi Gunung Ijen, Wabup Irwan Pimpin Rakor Kesiapsiagaan

16 January 2023


Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat bersama jajaran Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) melakukan Rapat Koordinasi Antisipasi erupsi Gunung IJen, Di Aula Arabica Homestay, Sabtu (14/1/2023).
Rakor kesiapan antisipasi erupsi Dandim, Kapolres, Dan Instansi terkait beserta Forum Pimpinan Kecamatan.
Dalam sambutannya, Wabup meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk melakukan bentuk antisipasi aktif di titik - titik, utamanya di wilayah rawan.
"Mulai saat ini saya minta BPBD agar menyiapkan Masker dan alat - alat kesiapan lainnya, " ungkapnya.
Disampaikan Wabup, kepada BPBD agar segera menyusun siapa dan berbuat apa apabila sewaktu - waktu gunung Ijen erupsi tinggi. Nantinya, tambah Wabup, hal tersebut harus segera dijadwalkan sebagai upaya resmi pemerintah guna menekan terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.
"Segera bergerak, ini sebagai bentuk antisipasi apabila Gunung Ijen meletus," ujarnya.
Diharapkan Wabup, pada situasi saat ini diharapkan Wabup semua stakeholder selalu saling support dan memberikan dukungan dalam penanganan erupsi Gunung Ijen.
Sejatinya, pada setiap bencana yang terjadi di suatu daerah, maka diwajibkan kepada seluruh Instansi yang ada di pemerintahan setempat agar selalu berkoordinasi dan berkolaborasi, hal tersebut bertujuan agara bencana yang terjadi bisa segera teratasi secara maksimal.
"Kita minta kepada seluruh stakeholder agar tetap bersinergi dan salin berkomunikasi, terlebih di titik daerah terdekat bencana," tegasnya.
Ditempat yang sama, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dadan Kurniawan menyampaikan, pihak BPBD dalam penanganan bencana selalu mempersiapkan dari segala sesuatunya, baik dari fasilitas peralatan maupun tenaga yang dibutuhkan.
Kendati demikian, saat ini regu yang ada di BPBD masih belum lengkap, namun demikian, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan BPBD Provinsi jika sewaktu - waktu masyarakat membutuhkan, pihak BPBD akan segera menyiapkan.
"Apabila nanti masyarakat membutuhkan, kami sudah menyiapkan dan kami juga sudah berkoordinasi dengan BPBD provinsi untuk kesiapan maskernya, memang regu kami saat ini terbatas, akan tetapi tetap kami upayakan semaksimal mungkin," tutupnya.