Pemkab Bondowoso Gelar Rakor Rekontijensi Penanggulangan Bencana Alam

25 January 2023


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso kembali menggelar Rapat Koodinasi Penanggulangan Bencana Alam (PBA) di Pendopo Bupati Bondowoso, Selasa (24/1/2023).
Sebelumnya Rakor PBA di gelar di Home stay Ijen beberapar waktu lalu, saat ini Rakor tersebut telah masuk tahap pembentukan penyusunan Satuan Petugas (Satgas).
Menurut KetuaPelaksana Penanggulan Bencana Alam (PBA) Kabupaten Bondowoso, Dandim Suhendra menjelaskan Rakor PBA itu saat ini tengah memasuki tahap pembentukan dan penyusunan Rekontijensi.
Diungkapkan Suhendra, Satuan Petugas Penanggulangan bencana itu tidak hanya mengatasi tentang bencan urupsi gunung Ijen saja, akan tetapi satgas tersebut juga bisa secara umum mengatasi dan mengantispasi terjadinya bencana-bencana yang lain.
"Secara umum kita adalah bentu upaya dalam penanggulangan bencana yang ada di Kabupaten Bondowoso, bukan hanya terkait erupsi Gunung Ijen," ungkapnya.
Memasuki Rakor kedua, Suhendra meminta kepada seluruh stakeholder terkait agar segera merapatkan barisan dalam rangka pembentukan Satgas tersebut. 
Kendati demikian, saat ini masih ada stakeholder yang belum masuk dalam struktur penyusunan.
"Stakeholder yang masih belum masuk, kita harapkan dalam rakor berikutnya sudah masuk semua," tegasnya.
Diakui Suhendra, saat ini pembentukan Penyusunan tim telah sampai 90 persen lebih, dengan demikian tambah Suhendra, penetapan pembentukan Tim hanya tinggal menunggu Peraturan Bupati (Perbup) saja.
"Tinggal kita sodorkan ke Bupati untuk penetapan Perbupnya, sembari itu kita rampungkan semua Stakeholder yang masih belum masuk," tutupnya.