Dua Desa Di Bondowoso Terendam Banjir, Ini Langkah Tim Gabungan Bencana

13 February 2023


Banjir bandang kembali menerjang kawasan permukiman di dua desa, Kecamatan Ijen, Minggu (12/2/2023). Intensitas hujan sedang hingga tinggi, sehingga mengakibatkan Dua Desa yang berada di Kecamatan Ijen terendam material Lumpur dan ranting. Adapun dampak akibat Banjir bandang tersebut terdiri sebagai berikut:
Desa Kalisat : 79 Rumah  (79 KK), Dusun Sumberayu : 23 KK, Dusun Kampung Baru : 54 KK, Dusun Taman Kembar : 2KK, 2 Sekolah, 1 Kamar Mandi Umum, 1 Mushola.
Tidak ada Korban Jiwa, untuk Warga yang terdampak di Desa Kalisat saat ini mengungsi di rumah Sanak Saudara
Adapun dampak banjir pada Desa Sempol yaitu (76 KK), Dusun Sempol 2 : 8 KK (18 Orang), Dusun Pesanggrahan : 68 KK (177 Orang), 2 Sekolah, 1 Kantor KUA, Tidak ada Korban Jiwa, Untuk Warga Desa Sempol saat ini mengungsi di Masjid Sempol dan Rumah Sanak Saudara.
Langkah yang sudah dilaksanakan berupa Pembersihan Jalan Utama Sempol menggunakan Alat Berat dari PT MEDCO, Mendirikan Posko Utama Bencana Banjir Bandang Ijen di Homestay Arabika, Titik Evakuasi terbagi menjadi 2 titik, Titik Evakuasi Desa Sempol di Rumah Pak Kades Sempol dan Kantor Kecamatan Ijen, Titik Evakuasi Desa Kalisat berada di Posyandu Dusun Kampung Baru, Desa Kalisat Kec. Ijen Dan Gudang Penjemuran Kopi Homestay Arabika.
Posko Bantuan berada di Kantor Kecamatan Ijen dengan Mendirikan Dapur Umum di Masjid Baiturrahman, Mendirikan Posko Kesehatan di Masjid Baiturrahman dan Karya Bhakti dilaksanakan di tempat - tempat yang terdampak Banjir Bandang dengan melibatkan seluruh Stakeholder (TNI,POLRI,PEMERINTAH DAERAH,PT MEDCO, PTPN 12, PMI, RELAWAN DAN MASYARAKAT SETEMPAT)