Edukasi Keuangan, Bondowoso Apresiasi OJK

27 February 2023


Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin mengapresiasi edukasi keuangan bagi masyarakat Kabupaten Bondowoso yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jember, di Pendopo Bupati, Senin (27/2/2023).
Edukasi keuangan bagi masyarakat itu merupakan bentuk kerjasama antara Pemerintah Bondowoso dengan OJK. Hal itu bertujuan agar masyarakat bisa memahami secara maksimal tentang masalah keuangan. Dalam sambutannya, Bupati Bondowoso memberikan aprsesiasi khusus dengan terselenggaranya kegiatan tersebut.
"Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, dapat memberikan pengaruh dan manfaat yang baik bagi pemerintah dan masyarakat Bondowoso," ungkapnya.
Secara umum, sejak masuk masa Pandemi Covid - 19, fluktualisasi ekonomi tumbuh secara positif dari 5,30 persen sejak 2019 menurun hingga -1,36 persen pada tahun 2020 dan mulai meningkat kembali menjadi 3,49 persen di tahun 2021.
Memandang hal itu, tambah Bupati, Kabupaten Bondowoso memiliki target dan misi untuk kembali membangun kemandirian ekonomi dan meningkatkan kesejahteraaan masyarakat. 
"Melalui kegiatan edukasi ini merupakan salah satu upaya meningkatkan literasi atau pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan tentang pemahaman konsep dan resiko agar dapat membuat keputusan yang efektif dalam konteks pengelolaan keuangan," paparnya.
Ditempat yang sama, kepala OJK Jember, Hardi Rofiq Nasution menjelaskan, kegiatan edukasi itu merupakan kegiatan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang investasi bodong, selain itu edukasi itu juga memberikan pemahaman tentang tata kelola keuangan .
"Kita berikan pemahaman kepada masyarakat tentang investasi bodong yang selama ini meresahkan, tujuannya agar masyarakat bisa paham betul mana investasi yang baik dan tidak," tutupnya.