Pemkab Bondowoso Ngaji Masalah Stunting Di Pamakesan

6 March 2023


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, Melakukan Studi tiru di Pamekasan, Studi tiru tersebut dilakukan guna menekan Penurunan angka stunting yang dicapai oleh Pemkab Pamekasan.
Dalam kesempatan tersebut, secara langsung Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin memaparkan kepada Pemkab Bondowoso bagaimana langkah dirinya beserta instansi terkait bisa menekan angka stunting hingga 30 persen.
Menurut Wabup Irwan, Hal tersebut juga menjadi pertanyaan dari Pemkab Bondowoso. Studi tiru itu bertujuan untuk belajar dalam hal penanganan stunting di Pemkab Pamekasan.
"Apa langkah dan strategi yang sudah dilakukan oleh Pemkab Pamekasan guna menurunkan angka stunting hingga mencapai 30 persen," ungkap Wabup Irwan bachtiar Rahmat, Senin (6/3/2023).
Sebagi tuan rumah, Wabup Fattah Jasin menjelaskan penurunan angka stunting tidak hanya menjadi tanggung jawab penuh pemerintah kabupaten, melainkan pihaknya melibatkan beberapa stakeholder. 
“Sebagai contoh kegiatan melalui posyandu, terkait penimbangan yang selalu di kawal dan dipantau kemudian dimonitor langsung secara berjenjang, termasuk tim TPK yg menangani masalah gizi dan kesehatan, kemudian kerjasama dengan kisek KUA termasuk screaning kesehatan," paparnya.
Disamping itu, Pemkab Pamekasan juga memberikan edukasi interaktif kepada setiap jajaran OPD, baik OPD terkait dan Rumah Sakit setempat. Dari hal itu, capaian penurunan stunting di Pamekasan bisa berangsur - angsur menurun.
"Kita selanjutnya memberikan edukasi siaran interaktif dan juga ada grup dengan rumah sakit bersama dokter spesialis anak, ahli gizi rumah sakit dan ahli gizi puskesmas," pungkasnya.