Pasca Libur Hari Raya, Bupati Sidak Beberapa OPD di Bondowoso

26 April 2023


Pasca libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso Bambang Soekwanto melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) yang dikemas dalam kunjungan Bupati di Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Rabu (26/4/2023).
Kunjungan tersebut untuk mengetahui tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) usai libur panjang.
Menurut Plt Kepala BKPSDM, Sugiono Eksanstoso tingkat kehadiran ASN dan non ASN pasca cuti lebaran mencapai 100 persen.
"Tingkat kehadiran ASN di hari pertama masuk kerja pasca libur panjang hari raya tahun ini mencapai 100 persen," ungkapnya.
Dibandingkan tahun kemarin, pegawai yang tidak masuk kerja dihari pertama lebih sedikit, hal tersebut diketahui saat Bupati bersama jajaran terkait melakukan Zoom dengan OPD tentang tingkat kehadiran ASN. 
Dikatakan Sugiono, jumlah keseluruhan pegawai baik ASN maupun yang non ASN berjumlah 8.929 ribu pegawai,  dari total jumlah tersebut terdiri dari jumlah PNS sekitar 6913 orang, CPNS 290 orang, PPPK 1363 orang, K1/K2 363 orang.
Dari jumlah tersebut Pegawai yang masuk kantor di hari pertama masuk kerja berjumlah 8.697 orang, pegawai cuti 48 orang, izin 19 orang, sakit 19 orang dan pegawai tugas belajar 2 orang.
"Alhamdulillah mencapai 97,4 persen, untuk pegawai yang tanpa keterangan atau alpa di lingkungan Kabupaten Bondowoso tidak ada," tegasnya.
Dijelaskan Sugiono, pengumpulan data ASN tersebut dilakukan melalui tiga mètode, salah satunya dengan cara penarikan data secara face print, melalui android.
Ditambahkan Sugiono, monitoring ASN itu mengacu pada peraturan pemerintah Nomor 94 tahun 2021 tentang disiplin ASN.
"Kita minta kepada seluruh ASN, semangat rutinitas kerja bukan hanya di hari pertama saja, tetapi di hari - hari berikutnya harus tetap semangat didalam memberikan pelayanan karena ini sudah menjadi tugas mereka sebagai ASN," tutupnya.