Peringati Hati Otoda, Pemkab Bondowoso Gelar Upacara

29 April 2023


Memperingati Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke 27, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso menggelar apel upacara di Alun -alun Ki Bagus Asra, Sabtu (29/4/2023).
Upacara di pimpin langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat diikuti oleh seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
Dalam apel upacara itu, Wabup Irwan membacakan amanat Menteri Dalam Negeri, dimana seluruh daerah - daerah otonomi baru  mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat dalam rangka meningkatnya PAD dan kemampuan fiskalnya.
Disampaikan Wabup, Pemerintah pusat meminta kepada seluruh daerah - daerah agar terus memanfaatkan program - program pembangunan demi kesejahteraan masyarakat. 
"Kepada daerah yang kemampuan fiskal dan PAD baik tetapi IPM nya masih rendah, dan data Kemiskinan masih tinggi, perlu kiranya melakukan evaluasi untuk memastikan bahwa dalam penyusunan program dan kegiatan dalam APBD agar tepat sasaran, efektif dan efisien," ungkapnya.
Disamping itu, Wabup juga menyampaikan amanat Mendagri, dimana dalam amanat itu Mendagri menghimbau kepada daerah yang masih rendah PAD nya agar supaya mencari terobosan serta inovasi  - inovasi yang nantinya bisa meningkatkan PAD di daerah masing -masing.
Hal ini, kata wabup supaya menggali potensi yang bisa memberikan dampak positif terhadap peningkatan PAD.
"Gali berbagai potensi yang dapat ke berikan nilai tambah  serta peningkatan bagi PAD bahkan bisa melebihi TKDD," tegasnya.
Melalui momentum hari Otonomi daerah, Wabub  berharap apa yang menjadi tujuan bisa terwujud demi keberlangsungan kesejahteraaan masyarakat luas.
"Kunci yang utama untuk mencapai itu adalah pada unsur Sumber Daya Manusia utamanya ASN yang berintegritas profesional dan berkompeten," tutupnya.