Tranformasi Digital, TNI Gandeng Pemkab Lakukan Komsos

3 May 2023


Mengangkat tema Transformasi Digital Ciptakan Aparat Pemerintah Unggul, Komando Distrik Militer (Kodim) 0822 Bondowoso menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) menggandeng Pemerintah Kabupaten Bondowoso. Acara Komsos tersebut digelar di Markas Kodim 0822, Rabu (3/5/2023).
Menurut Dandim 0822, Letkol. Arm Suhendra Chipta melalui Pasipers Kapten Infantri Moeljanto mengemukakan, kegiatan Komsos dengan menggandeng pemerintah merupakan bentuk sinergitas antara TNI dengan pemerintah. Selain pemerintah unsur Polri juga termasuk didalam tiga pilar.
Melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat memberikan dampak positif dan bermanfaat bagi masyarakat luas, khususnya masyarakat Kabupaten Bondowoso.
"Melalui Komsos ini kita antara TNI dengan Pemerintah bertemu dan bersilaturahmi," ungkapnya.
Selain dalam rangka mempererat jalinan silaturahmi dengan pemerintah,  Komsos itu juga untuk membahas tentang perkembangan teknologi yang saat ini semakin pesat. 
Pesatnya perkembangan teknologi di era ini banyak membawa dampak, baik dampak positif yang mendidik, maupun dampak yang membawa kita tergerus dan termakan isu - isu yang bisa memecah belah persatuan. 
Maka dari hal tersebut, TNI sengaja menggandeng Dinas Komunikasi dan Informatika untuk memberikan pemahaman tentang dunia teknologi. 
"Saat ini tidak sedikit ujaran kebencian terlontar di Media Sosial, dimana rekam jejak digital itu tidak mudah di hilangkan, " tegasnya.
Ditempat yang sama, Kepala Bidang Statistik dan Persandian, Harini Pujiastuti memaparkan, saat ini sudah ada undang - undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), dengan UU tersebut masyarakat diminta melek ITE dan bagaimana tata cara penggunaan Media Sosial.
Cara tepat yang dianjurkan oleh pemerintah iyalah berperilaku yang baik dan benar dalam menggunakan Media Sosial. Jauhkan dari ujaran kebencian dan praktik - praktik hoaks.
"Gunakan Media Sosial dengan bijak agar terlepas dari Undang - undang yang telah mengikat terhadap pelanggar penyalahgunaan teknologi," pungkasnya.