Komisi 2 Dprd Bondowoso Lakukan Kunker Ke Perhutani

24 May 2023


Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Komisi II Bondowoso melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kantor Perhutani Bondowoso, Rabu (24/5/2023).
Kunjungan Rombongan Komisi II Dprd itu bertujuan untuk membahas soal para petani di kawasan Ijen yang melakukan orasi atau aksi damai beberapa waktu lalu.
Disampaikan Wakil Ketua Komisi 2 DPRD, A. Mansur menerangkan pihaknya datang untuk mencari data terkait lahan yang dikelola oleh beberapa pihak termasuk masyarakat atau petani Kecamatan Ijen, serta untuk mencari jalan keluar untuk aksi damai itu.
" Kita akan duduk bersama seluruh pihak, agar keputusan yang diambil sesuai kesepakatan bersama, jika nanti kesepakatan telah ada maka tidak ada kata istilah melanggar,"ungkapnya.
Dikatakan Mansur, apabila nanti masih ada masyarakat atau petani yang tidak mengikuti regulasi yang sudah ditetapkan seperti Perjanjian Kerjasama (PKS), itu juga menjadi atensi legislatif, sejatinya, wakil rakyat akan memberikan pencerahan dan arah terhadap masyarakat atau petani di Ijen, disamping itu seperti yang diketahui, lahan yang di kelola saat ini adalah milik Perhutani.
" Kita akan memberikan pendampingan,  sosialisasi, edukasi kepada masyarakat terkait mana yang benar dan harus diikuti" terangnya
Ditempat yang sama, Kepala Adm Perhutani KPH Bondowoso Adi Nugroho pihaknya mendapat banyak masukan terkait pengelolaan hutan, karena dari pihak Perhutani sendiri telah memiliki aturan baik dari permanen maupun PKS dengan para pihak.
"Kita akan terus berupaya bagaimana masyarakata di sana bisa tetap mengolah lahan kita, agar berbagai sisi seperti ekonomi dan lingkungan bisa sama-sama berjalan," pungkasnya