Harlah Pancasila, Pemkab Bondowoso Gelar Upacara Bendera

1 June 2023


Memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023, Pemerintah Daerah (Pemkab) Bondowoso menggelar upacara bendera di Alun - Alun Ki Ronggo, Kamis (1/6/2023).
Upacara di pimpin langsung oleh Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat dan di ikuti oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pemkab Bondowoso. 
Peringatan Hari Lahir Pancasila kali memgangkat tema 'Gotong Royong membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global'.
Dalam sambutannya, Wabup Irwan menyampaikan agar di Hari Lahir Pancasila, seluruh komponen masyarakat dan jajaran pemerintah agar tetap menjaga kerukunan didalam kehidupan sehari - hari, agar peradaban di Indonesia tetap berjalan.
"Sesuai dengan tema kali ini, Gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global, maka dari itu kita sebagai masyarakat Indonesia harus menjunjung tinggi Pancasila sebagai Dasar Negara," ungkapnya.
Kemudian, Wabup juga menjelaskan dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia dilanda Covid-19 yang mengakibatkan seluruh proses pembangunan baik di Pemerintahan pusat maupun Kabupaten tertunda, berkaca dari kasus Covid itu, seluruh Abdi Negara dan pelayanan masyarakat di minta agar se maksimal mungkin memberikan gagasan dan inovasi agar proses pembangunan Pasca Covid bisa segera terwujud.
"Jadikan Hari Lahir Pancasila ini sebagai dorongan semangat untuk membangun Indonesia khususnya Kabupaten Bondowoso," tuturnya.
Upacara Peringatan Harlah Pancasila di Bondowoso terbilang unik, seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat nusantara.
Pakaian yang dikenakan itu merupakan bertepatan dengan arahan Pemkab Bondowoso jika pada Hari Kamis Minggu pertama diwajibkan seluruh pegawai baik ASN maupun non ASN mengenakan Pakaian Adat Nusantara.
Tak hanya itu, selain Pejabat, Upacara Harlah di ikuti oleh seluruh Kepala Desa se Kabupaten Bondowoso.