Disiplin Kelola Keuangan, Enam Desa Di Kabupaten Bondowoso Terima Penghargaan Dari BPKP

25 July 2023


Enam Desa di Kabupaten Bondowoso menerima penghargaan terbaik pengelolaan keuangan Desa dari Badan Pegawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Di Pendopo Bupati, Selasa (25/7/2023).
Enam Desa itu terdiri dari Desa Penambangan, Kecamatan Curahdami, Desa Mengok, Kecamatan Pujer, Desa Mengen, Desa Sumber Anom, Kecamatan Tamanan, Desa Gebang, Kecamatan Tenggarang dan Desa Kalianyar Kecamatan Ijen.
Menurut Koordinator Bidang Akuntabilitas Pengawasan Daerah II Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, Abdul Chair menjelaskan. Tiga Desa yang telah menerima penghargaan itu merupakan dari Ratusan desa yang memiliki Kredibilitas terbaik dalam pengelolaan keuangan.
Enam Desa tersebut di nilai patut menerima penghargaan lantaran sistem pengelolaan Keuangannya mampu memberikan motivasi bagi desa - desa yang lain.
"Artinya, mereka yang telah menerima penghargaan sudah memenuhi Kriteria untuk masuk menjadi pilihan BPKP, ataupun berhak menerima penghargaan tentang pengelolaan keuangan desa," ungkapnya.
Selain itu, Chair meminta kepada para penerima agar terus memaksimalkan penataan pengelolaan keuangan yang ada di Desa masing - masing. Tujuannya, agar predikat yang telah diterima bisa dipertahankan.
Dikonfirmasi terpisah, Asisten I Pemkab Bondowoso, Haeriah Yuliati mememaparkan, 6 Desa yang telah menerima penghargaan pengelolaan keuangan bisa memotivasi desa -desa yang lain, agar dalam pengelolaan keuangan yang mereka terapkan bisa lebih maksimal.
Dirinya menambahkan, Enam Desa itu merupakan contoh atau jujukan bagi desa - desa lain, sehingga sistem pengelolaan keuangan mereka lebih maksimal.
"Enam Desa itu telah memenuhi kriteria untuk menerima penghargaan keuangan, diharapkan nanti bisa menjadi motivasi bagi desa - desa yang lain," pungkasnya.