Kabupaten Bondowoso Terima Penghargaan Sertifikat ODF Dari Pemprov Jatim

3 August 2023


Kabupaten Bondowoso menerima penghargaan sebuah sertifikat Open Defecation Free (ODF) dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
Penyerahan sertifikat ODF itu diserahkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur kepada Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin di Pendopo Bupati, Kamis (3/8/2023).
Menurut Bupati, Sertifikat ODF itu merupakan pengakuan atas upaya kerja keras Kabupaten Bondowoso dalam meningkatkan Sanitasi dan Kualitas kehidupan Masyarakat. 
"Sertifikat ODF ini adalah bentuk hasil kerja keras Kabupaten Bondowoso dimana dalam peningkatan Sanitasi dan kualitas kehidupan Masyarakat di Kabupaten Bondowoso, " ungkapnya.
Sertifikat ODF sendiri diberikan kepada wilayah atau Kabupaten yang telah berhasil mengurangi atau menghilangkan praktek Buang Air Besar (BAB) sembarangan, capaian itu, kata Bupati, menunjukan komitmen Pemerintah Kabupaten Bondowoso dan partisipasi aktif Masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang sehat.
"Alhamdulilah,  Masyarakat dalam hal pencapaian ini juga banyak berperan," paparnya.
Seperti diketahui, hasil verifikasi lapangan di 219 Desa dan Kelurahan yang tersebar di 24 Kecamatan telah dinyatakan akses jamban sehat sudah mencapai 100 persen, sehingga Kabupaten Bondowoso meraih sertifikat Kabupaten ODF.